From: bosman batubara [mailto:bosman200...@yahoo.com]
Sent: Tuesday, March 02, 2010 2:42 PM
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: [iagi-net-l] Uneg-uneg..LUSI

Pak WW y baik,

WW: Apakah cukup tepat mengaitkan skala intensitas gempa (MMI) yang nota
bene angka kuantifikasi subjektif dari efek gempa terhadap kondisi di
permukaan (manusia, infrastruktur, dll) terhadap efek gempa Yogya dan
Lusi?

BB: Ada pertanyaan balik Pak, apa yang Bapak maksud dengan pengukuran
skala magnitudo? Apakah pengukuran gempabumi dengan skala Richter? Kalau
ya, saya teruskan, kalau enggak, berarti apa yang saya ketik di bawah
ini tidak ada gunanya.
Saya kurang tau tepat atau tidak. Sependek yang saya fahami, skala MMI
adalah salah satu cara untuk mendeskripsikan gempabumi. Skala MMI
menunjukkan tingkat kerusakan yang disebabkan oleh sebuah gempabumi yang
dilaporkan oleh seorang pengamat selama dan sesudah terjadinya
gempabumi. Dalam skala MMI I-II berarti "kekuatan gempabumi tidak
dirasakan oleh sebagian besar orang". Kalau dikonversi ke skala Richter,
I-II dalam MMI "setara" dengan <2 skala Richter.

tabik
bosman batubara

weblog: http://annelis.wordpress.com