Wah, jawaban Pak Awang sungguh panjang dan membuat saya berpikir lebih
jauh serta berusaha mencari referensi-referensi yang Pak Awang
kemukakan. Terima kasih atas respon Pak Awang yang sangat lengkap ini.

Saya ingin menanggapi beberapa paragraf saja di email Pak Awang
(berhubung saya cuma sempat membaca sedikit referensi saja). Tanggapan
saya ada di bawah paragraf Pak Awang.

Salam
mnw

2010/3/3 Awang Satyana <awangsaty...@yahoo.com>:
> [...]
> katalog gunungapi (Kusumadinata, 1979).
>
> Lagipula, Merapi terkenal punya sumbat lava di lubang kepundannya hasil
> erupsi sebelumnya yang membuat ia tak segera merespon getaran gempa Yogya
> padahal jaraknya hanya 50 km; lalu respon itu baru muncul bersamaan dengan
> respon reaktivasi Semeru pada hari yang bersamaan meskipun Semeru jaraknya
> enam kali lebih jauh dari episentrum gempa. Silakan cek untuk lebih detailnya
> di publikasi Walter et al. (2007) : Volcanic activity influenced by tectonic
> earthquakes : static and dynamic stress triggering at Mt Merapi - Geophysical
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Saat saya sedang mencari komposisi magma Merapi dan Semeru, saya malah
menemukan kisah erupsi Merapi di Wikipedia yang katanya telah aktif
sejak bulan April 2006, yang ditandai dengan meningkatnya aktifitas
seismik, dll. Berita itu ada di alamat berikut ini:
http://en.wikipedia.org/wiki/Mount_Merapi

Dari Wiki ini kita bisa membaca bahwa pada 19 April sudah ada asap
yang keluar, dan pada awal bulan Mei aliran lava sudah terlihat dari
Merapi, dengan kata lain Merapi memang sudah aktif dan telah hendak
mengeluarkan isi perutnya sejak sebelum gempa pada tanggal 27 Mei
2006. Saya perlu pasang disclaimer di sini, Wikipedia bukan sebuah
referensi ilmiah peer-reviewed yang baik, jadi marilah kita anggap
sebagai sebuah rekaman kejadian saja.

Berkenaan dengan pernyataan Pak Awang tentang sumbat lava di lubang
kepundan Gunung Merapi, menurut hemat saya jika sudah ada lava yang
keluar, mestinya sumbatnya sudah tertembus, tapi tentu saja mungkin
interpretasi kita tidak sama. Lalu, dari segi keaktifan yang
dibandingkan oleh Haris dan Ripepe (2007) antara sebelum dan sesudah
gempa, sayang sekali tidak meliputi aktifitas Merapi sejak bulan April
2006. Mungkin aktfitas Merapi yang bulan April dan awal Mei (sebelum
tanggal 9 Mei 2006) tidak cukup signifikan secara statistik sehingga
tidak dimasukkan ke data mereka.

Dari makalah makalah Kyoshi Nishi et al. (2007) - Micro-tilt changes
preceding summit explosions at Semeru Volcano, Indonesia - Earth
Planets Space, 59, 151-156 (bisa digoogle), saya mendapatkan komposisi
magma Gunung Semeru yang katanya agak mafic (56-57% SiO2) dan mereka
kategorikan basaltik-andesit, yang mana terbaca sama dengan kompisisi
magma Merapi yang menurut Walter (2007) - setelah mengutip Voight et
al. (2000) - juga basaltik-andesit. Sayang sekali, saya tidak bisa
mendapatkan Kumumadinata (1979) untuk melihat perbedaan komposisi
seperti apa yang ada di Merapi dan Semeru.

Yang lebih penting lagi untuk saya pahami sebenarnya adalah bagaimana
hubungan antara kompisisi magma dan respon terhadap getaran. Saya duga
ini berkaitan dengan viskositas/kekentalan magma dan gas yang
responsif terhadap tekanan, tapi berhubung saya masih kurang banyak
membaca mengenai pergunungapian, saya tidak tahu pasti. Nanti
pelan-pelan saya berusaha mencari informasi lebih banyak tentang topik
ini.

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

> Menurut hemat saya, jangan hanya selesai di cluster analysis statistics yang
> hanya melihat jarak dan magnitude gempa dengan semua reaktivasi yang
> disebabkannya (mud volcano, magmatic volcano, liquefaction, dsb.). Lihatlah
> masalahnya satu demi satu secara individual. Bila kita hanya melihat
> statistik saja tanpa menelitinya lebih jauh, maka kita akan sulit mengerti
> mengapa kedua gunungapi yang jaraknya berbeda enam kali lipat terhadap
> episentrum gempa tersebut bisa merespon gempa itu pada saat yang bersamaan.
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Berbicara mengenai Walter et al. (2007), ada satu kalimat mereka yang
ditulis sebelum bab kesimpulan, di mana mereka mengakui bahwa Merapi
tampaknya tak terganggu/terpicu oleh aktifitas gempa yang lebih kuat,
seperti pada bulan Desember 2004, Mei 2005 dan Juli 2006. Kemungkinan
besar pada saat terjadi gempa yang lebih besar itu, Merapi dan
gunung-gunung lain yang dekat dengan sumber gempa tidak berada pada
"kondisi kritis", sehingga mereka tidak terganggu. Saya pikir
penjelasan demikianlah yang "logis" dan diperlukan untuk tidak membuat
hipotesis mereka dimentahkan oleh fakta bahwa tidak semua gempa
membuat gunung api meletus.

Walter et al. (2007) juga menyebutkan bahwa percobaanya menunjukkan
ada dua jenis perubahan tekanan yang dapat mempengaruhi dapur magma
Merapi, yaitu transient pressure change (berlangsung selama 20 detik
pertama sejak gelombang seismik sampai di dapur magma) dan permanent
stress change (static displacement) yang katanya tidak cukup kuat
untuk mengguncang dapur magma (dengan batasan 10 kPa). Menurut mereka
yang lebih penting adalah transient pressure change yang bervariasi
dari 10 kPa sampai dengan 60 kPa (bagi gunung Merapi, jika posisi
gempa seperti di gempa Jogja th 2001 dan 2006). Logikanya, jika sampai
ke Gunung Semeru, tentu transient pressure change ini akan lebih kecil
sehingga kita bisa mengasumsikan bahwa pengaruhnya ke Gunung Semeru
juga "lebih tidak signifikan". Sayang sekali, Walter et al. (2007)
hanya membuat model untuk Merapi, tidak ada model untuk Semeru
sehingga saya tidak bisa membandingkan besaran transient pressure
Merapi dan Semeru. Yang menarik untuk dikaji lebih jauh adalah apakah
gempa M 6.3 itu masih akan memberikan transient pressure sebesar
minimal 10 kPa ke dapur magma Semeru atau bagaimana?

Lalu kalau saya tidak salah, seingat saya ada Gunung Kelud di antara
Merapi dan Semeru. Mengapa Kelud tidak ikut terpicu oleh gempa M 6.3
di Jogja? Apakah faktor kondisi kritis ini tidak ada pada Gunung Kelud
pada saat itu?

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

> [...]
> Mellors et al. (2007) yang menampilkan plotting antara magnitude gempa dan
> jarak reaktivasi semburan fluida (mud volcano, volcano, liquefaction, dan
> sejenisnya) yang diakibatkannya, plotting ini selalu dipakai oleh Richard
> Davies dan Mark Tingay untuk mengatakan bahwa gempa Yogya tak mungkin memicu
> Lusi sebab lokasi Lusi terlalu jauh dari episentrum gempa Yogya dan gempa
> Yogya terlalu kecil magnitudenya untuk bisa memicu Lusi. Mereka mengatakan
> itu saja, hanya berdasarkan plotting, tak melihatnya lebih jauh secara
> individual bagaimana gempa Yogya itu, bagaimana Lusi itu.

+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Sayang sekali saya belum sempat membaca Manga dan Brodsky (2006) dan
Mellors et al. (2007), jadi belum bisa berkomentar.
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

> [...]
> slab-nya yang tenggelam di bawah Jawa Tengah. Gempa di overriding plate akan
> mempropagasikan gayanya secara lateral, tetapi akan lebih mengarah ke satu
> azimuth bergantung pola rupture-nya. Dalam kasus gempa Yogya, propagasi gaya
>  itu lebih ke arah timur dan timurlaut (silakan cek aftershocks-nya)  dan
> mengganggu keseimbangan semua fluida plumbing system atau venting system yang
> berada di wilayah sapuan gaya gempa itu. Venting system adalah struktur2
> bawah permukaan atau di permukaan yang setting geologinya siap mengalirkan
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Walter et al. (2007) mengatakan bahwa gempa M6.3 di Jogja pada tahun
2001 pada kedalam 130 km juga diikuti meningkatnya aktifitas Gunung
Merapi. Tampaknya, baik dalam maupun dangkal, Merapi terpicu oleh
gempa. Demikian yang saya pahami dari makalah Walter et al. (2007).

Untuk sementara demikian dulu, saya tambahkan lagi di lain kesempatan.

--
- when one teaches, two learn -
http://www.geotutor.tk

ketua umum: LAMBOK HUTASOIT, lam...@gc.itb.ac.id
sekjen: MOHAMMAD SYAIFUL, mohammadsyai...@gmail.com
* 2 sekretariat (Jkt & Bdg), 5 departemen, banyak biro...