From: "Sugeng Hartono" <sugeng.hart...@petrochina.co.id>
Date: Wed, 7 Jul 2010 08:17:27
To: <iagi-net@iagi.or.id>
Cc: Eksplorasi BPMIGAS<eksplorasi_bpmi...@yahoogroups.com>; Forum
HAGI<fo...@hagi.or.id>; Geo Unpad<geo_un...@yahoogroups.com>
Subject: [iagi-net-l] Parawisata dan geologi: Cadas Harau - Bongkah-2 Granit di
Belitung

Pak Awang, Pak Kendar, Mas Wikan dan teman-2 lainnya;

Trimakasih atas semua komentarnya tentang Cadas Harau. Saya tunggu kapan
IAGI mengadakan fieldtrip ke Sumbar. Bang Syaiful, mari mumpung kita masih
kuat dan gagah-2. Dulu, ketika kerja di Bangko-Sarolangun, saya sempat ke
Padang lewat Muarabungo-Rimbobujang (tempat trans asal Wonogiri)-Sungai
Dareh, Silungkang-Solok (kotanya indah)-turun ke Padang (semua
pemandangannya sangat mempesona), esoknya ke Bukit Tinggi lewat Lembah Anai
(ada rel kereta api kuno seperti yang pernah saya lihat dalam buku
pelajaran)-Singgalang-Pagaruyung (rumah Gadang yang konon belum lama ini
sempat terbakar). Di sini saya mendapat pelajaran berharga: Ketika selesai
mengagumi banguanan yang indah, kami didatangan pedagang kecil (murid SD)
penjual kripik singkong balado. Karena tidak tertarik (saya pikir minyaknya
getir dan pedas...), saya hanya ingin kasih uang jajan; sebelum dilaksanakan
saya pun minta ijin mas Yulfi (kawan geologist) dan dia berbisik: Jangan
mas, dia nanti tersinggung. Kalau mas tidak beli ya tidak mengapa, tetapi
coba dulu lah.... Saya pun beli dua bungkus dan langsung dimakan,. Ternyata
rasanya jauh berbeda dng yang saya duga atau yang pernah dibeli di Jkt.
Selain gurih dan renyah, perpaduan antara manis dan pedasnya pas. Dalam hati
saya agak malu. Maka seluruh dagangannya pun kami beli. Ketika pulang ke Jkt
kawan ini juga memborong untuk oleh-2.

Kembali ke wisata Geologi.
Terinspirasi novel Laskar Pelangi, bbrp bulan yll Wardhani (putri saya) dan
bbrp teman pengajar di UI melancong ke Belitung. Tidak ketinggalan Emaknya
diajak. Di sana pada menikmati pemandangan pantai yang luar biasa indah,
dengan air sangat bening dan bongkah-2 batu granit yang anggun, serta
hidangan ikan laut yang lezat (dan murah). Sebelum berangkat Dhani minta
penjelasan tentang pulau Belitung dan Granit. Saya hanya dapat menjelaskan
bahwa Bangka-Belitung ini berada di dataran Sunda yang menyambung dengan
Asia, terdiri dari batu-2 Granit berwarna putih (granit ini juga ditemukan
di Natuna). Hasil pelapukannya yang terhampar di pantai pun berwarna putih
dan indah (pantai Parai di Bangka dll). Ternyata di Belitung dia ditanya
pemilik biro perjalanan yang melayaninya; dan pemilik pun cukup puas dengan
penjelasan "sekedarnya", dan beliau tahu bahwa batu-2 besar itu bernama
Granit.
Mohon penjelasan kawan-2, apa dan bagaimanakah bongkah-2 Granit ini, sebab
dalam waktu dekat saya akan dibujuk untuk berkunjung ke Belitung.

Trimakasih dan salam,
sugeng

ketua umum: LAMBOK HUTASOIT, lam...@gc.itb.ac.id
sekjen: MOHAMMAD SYAIFUL, mohammadsyai...@gmail.com
* 2 sekretariat (Jkt & Bdg), 5 departemen, banyak biro...