 From: "arie_arkhrie...@yahoo.com" <arie_arkhrie...@yahoo.com>
To: iagi-net@iagi.or.id
Sent: Saturday, May 12, 2012 4:12 PM
Subject: Re: [iagi-net-l] AI dan AVO Inversion Odegard

Pak Frank,

Setahu saya, ketika Odegaard dibeli oleh Schlumberger tahun 2006, integrasi
Odegaard dengan Petrel tidak dikomersialisasi, jadi hanya digunakan secara
internal saja. Saat ini yg mengaplikasikan adalah WesternGeco untuk jasa
Reservoir Seismic Service mereka.

Ini berarti untuk saat ini, jika bapak hendak menggunakan software ini, maka
harus di-outsource-kan ke Schlumberger/WesternGeco (CMIIW). Mungkin mirip
dengan Jason dimana mereka juga tidak menjual secara komersil software
Inversion mereka.

Tadi saya coba google, dan menemukan artikel terlampir berikut ini yang
menampilkan salah satu contoh dari integrasi Odegaard dengan Petrel, yang
menunjukkan contoh workflow dari inversi sampai ke simulasi. Setidaknya bisa
memberikan gambaran bagaimana integrasi kedua software tersebut bekerja.

Adapun halnya mengenai peningkatan apa saja yg telah dilakukan oleh
Schlumberger setelah membeli Odegaard, saya tidak tau persis detailnya karena
tidak pernah punya akses lgs ke Odegaard ketika masih di Schlumberger.
Teman-teman dari Reservoir Seisimic Service WesternGeco akan lebih mumpuni
untuk menjelaskan detail teknis bagian ini.

Mungkin saja kedepannya Schlumberger ada rencana untuk mengkomersialisasi
software Odegaard ini untuk umum,  sebagai plugin khusus dalam Petrel, sehingga
akan memudahkan klien yang ingin menggunakan Odegaard. Teman-teman dari
Schlumberger (SIS/WG/DCS) mungin bisa memberikan pencerahan untuk bagian ini.

Sekian. Mudah2an bisa membantu.

Regards,
Arie Krisna Lopulisa.

Sent by Maxis from my BlackBerry® smartphone