Minggu ini PIT HAGI akan digelar di Palembang, saya diundang sebagai salah satu
chairperson yang maaf tak bisa saya penuhi karena minggu lalu saya baru dari
Bali mengikuti Forum Farm Out JSC-IAGI, dan minggu depan saya ke Singapura
untuk pertemuan AAPG.

Minggu depan, PIT IAGI akan digelar di Yogyakarta, semula saya diundang untuk
memberikan kursus pre-PIT dan fieldtrip post-PIT, yang maaf tak bisa saya
penuhi karena pada saat yang sama saya ada di Singapura untuk pertemuan AAPG.

Minggu depan, pada waktu yang tumpang-tindih dengan pertemuan IAGI, pertemuan
AAPG digelar di Singapura. Mungkin sebagian besar teman2 perminyakan yang biasa
datang ke PIT IAGI akan datang ke Singapura, termasuk saya karena ada paper2
yang harus saya presentasikan di sana.

Dari awal sekali saya sudah memberitahukan IAGI tentang tumpang-tindih dan
susul2-an pertemuan2 ilmiah ini, tetapi rupanya agenda semula tetap dijalankan.
Tumpang-tindih semacam ini mungkin akan mengurangi jumlah peserta dan kesulitan
mendapatkan dana dari sponsor.

Apakah tidak menjadi pemikiran di kalangan PP IAGI dan HAGI untuk melakukan
acara pertemuan bersama IAGI-HAGI setiap tahun, bukan 2 tahun sekali atau 3
tahun sekali. Peserta akan lebih banyak, mendapatkan dana sponsor akan lebih
mudah, dan para geologists serta geophysicists pun bisa berbaur menambah
pengetahuan mereka. Pasti pertemuan pun akan selalu lebih ramai, banyak
papernya, banyak kursusnya, banyak exhibitornya. Jumlah hari pertemuannya bisa
ditambah, misalnya dari biasanya 2 hari menjadi 3 hari, dari biasanya 3 hari
menjadi 4 hari. Sebagian besar anggota IAGI adalah anggota HAGI juga, dan
sebaliknya.

Demikian, saran, barangkali Pak Rovicky dari IAGI dan Pak Ilik dari HAGI bisa
memikirkannya.

salam,
Awang

--- Pada Sen, 10/9/12, rakhmadi.avia...@gmail.com <rakhmadi.avia...@gmail.com>