Indra:
-----

> Halo,
>
> Memang belum terakomodasinya Koperasi adalah
> jika merujuk pada dokumentasi g30s nya Pak Samik.

Marno:
-----
Pak Indra ada benarnya juga, sebagai usaha konsisten atas komitmen
terhadap point-point yg ada pada g30s.

Hanya saja memang dilematis bagilembaga seperti IDNIC, disatu sisi ingin
mengakomodir kebutuhan masyarakat namun disisi lain juga harus
mengakomodir peraturan pemerintah dimana saat ini cenderung sering
berubah. Seperti halnya dalam soal koperasi.

Tentu saja karena keadaannya seperti itu, akan menyebabkan usaha-usaha
sosialisasi "servis" baru IDNIC kepada masyarakat dan pemerintah akan
selalu mentah karena adanya perubahan aturan pemerintah yang cepat
tersebut. Perubahan yang cepat bisa juga untuk mengimbangi pelaksanaan
otonomi daerah.

Sedangkan usaha untuk mengubah komitment seperti pada g30s juga memerlukan
waktu tersendiri yang juga akan berbeda dari waktu pelaksanaan aturan
baru pemerintah tadi. Sementara itu perkembangan kebutuhan
masyarakat atas domain sekarang jelas semakin meningkat sejalan dengan
banyaknya publik servis internet (warnet dan ISP).

Dari fenomena ini saya kira kita semua bisa belajar bahwa untuk memajukan
masyarakat kita sendiri memang perlu gerakan bersama, kalau tidak, akan
tampak timpang atau beban kebutuhan masyarakat menjadi beban sesuatu
institusi tertentu seperti soal domain koperasi ini yang menjadi
beban IDNIC.

Karenanya memang diperlukan langkah-langkah bersama instansi terkait agar
persoalan domain betul-betul sejalan dg kebutuhan masyarakat, selain tentu
saja melakukan inovasi sendiri tanpa keterkaitan dg instansi terkait
sebagai usaha menjaga kedinamisan kreatifitas lembaga ini.

Saya sepakat pak Indra, karenanya memang diperlukan perubahan yg sesuai dg
kondisi terkini.

Wass,

-Marno-