Yang gw liat itu kekuatan java justru sekaligus kelemahannya.
Open-source di indo selalu  disenangi dan digemari... terutama karna orang2
suka gratisan. Padahal justru di kebanyakan negara laen, OSS adalah wabah. 1
yang perlu ditegaskan: OSS itu gak gratis!

Gw gak tau company indo, tapi kebanyakan company di negara2 yang hukumnya
kuat, OSS itu sering strictly dilarang. Terlalu banyak masalah hukum di OSS
yang bisa menyedot keuangan company gila2an. Terutama GPL license.
GPL license literally adalah virus, karna salah satu isi licensenya adalah,
kalo ada small part dari solusi kita yang mengadung GPL, maka seluruh bagian
dari solusi itu juga menjadi GPL. Intinya, kalo kita pake sedikit jasa dari
GPL, maka GPL minta sebagai imbalannya berhak buat menyita seluruh bagian
application kita jadi milik GPL community. Ini disebut "quodque pro quo"
(dari latin yang artinya "everything in return for something").

GPL itu adalah puncak dari ideologi sosialis ato komunis. Yang intinya,
segala hasil kerja keras kita harus 100% disumbangkan ke community. Gak ada
paten, intelectual property, ato hak ato persenan atas kerja kita. Kita
bahkan gak boleh make some money dari hasil project kita. Segala kerja dan
usaha kita semata2 hanyalah bentuk kontribusi sosial kita kepada community.
Ini menghambat kreativitas. Gak akan ada orang ato company yang bikin
research ato project ambisius, karna gak ada imbalannya. Sepenuhnya jadi
milik bersama. Kayak ekonomi di comunism in general, menghambat pertumbuhan
company yang kreatif dan innovative.

Ada beberapa company yg gw pernah tau dah bikin agreement dengan sebuah GPL
product (dengan duit tentunya), dan dah pake.. happy days.. project mereka
akhirnya selesai dan mature.. running beberapa tahun. Tapi belakangan kena
sued juga. GPL minta project di company itu diopensource kan. Dan sesama
lawyer saling berperang... yang diakibatkan karna agreeement mereka dan
license GPL itu agak ambiguous. Ini sering terjadi di dunia software. Dah
gak keitung berapa banyak law suit yang diluncurkan oleh OSS community ke
company2 gede maupun menengah.. yang kadang2 bisa bikin mereka kehilangan
business mereka.

Gak worth it banget, padahal mereka lebih dari mampu buat bayar product
properietary yang harganya gak seberapa. Kebanyak properietary products
harganya cuma berkisar antara ratusan dolar sampe yang paling mahal pun cuma
puluhan-ribu dolar. Less than 10 man-days! Dan langsung 100% jadi milik kita
yang bebas diapainpun tanpa nuntut imbalan balik. Dapet source-codenya pula,
dan disupport oleh orang2 mereka kalo kita butuh ganti buat menyesuaikan
dengan apa yg lo butuh. Gak perlu developer lo sendiri spend waktu buat
debug2 n berusaha ngubah2 OSS source-code melalui learning yg dalam, dan
submit patchnya ke community.

Dan kita blom lagi ngomong masalah license community dan support. Support
itu di OSS project relatively susah, dan gak ada jaminan bahwa mereka
bersedia support. Mereka berhak nolak. Bahkan kadang2, donate duit buat
developer implement sebuah fitur yang kita pengen, itu sering dianggap gak
etchical di dunia OSS. Dengan bayar duit buat minta OSS implement sebuah
fitur, kita dianggap menggunakan kekuatan duit buat menggerakan arah OSS
project.
Buat sebagian besar company, ini gak cukup terutama kalo project mereka
mission critical. Bukan cuma timely support yang mereka butuh, tapi mereka
butuh sebuah pihak yang legally responsible kalo terjadi masalah ato
software mereka gak deliver sesuai yang diharapkan.

Balik ke microsoft. Steve Balmer pernah terang2an bilang bahwa dia anti GPL,
dan GPL adalah plague, comment yang langsung dapet hujatan dari OSS
community di seluruh dunia. Steve Balmer langsung jadi lucifer, musuh besar
dari dunia OSS. War declared.

Karna itulah semua project open-source microsoft gak ada yang GPL. Semua OSS
project dari microsoft sejauh ini pake license MIT (e.g. JQuery) ato MS-LPL
(e.g. Unity, MEF, ASP.Net MVC). Yang artinya kita bisa pake bebas dari
ikatan apapun, dan kita punya hak penuh atas code tersebut, yang bisa dipake
100% free dan bisa diganti2 sesuka hati, dan diship sebagai product laen
commercially. Dan kita 100% berhak atas duit yang dihasilkan dari product
itu. I.e., gak ada imbalan.

Microsoft juga notorious dengan historynya yang selalu reinvent the wheel,
yang sering mematikan OSS project. Dah ada project OSS di luaran, tapi malah
reinvent lagi. Ini mostly karna komitment steve balmer yang gak mo terikat
dengan obligation dari OSS license, kecuali license yang liberal kayak MIT..
OSS yang tanpa pamrih. Kalo 1 kali ajah ms terikat dengan OSS license, maka
langsung seluruh pengguna microsoft products kena impactnya, dan jadi
terjerat OSS obligation. Ini gak sesuai policy microsoft, dan relatively
jauh lebih murah buat mereka rewrite lagi 100% dari scratch, dan ship as
their own product, tanpa ikatan dari OSS.

Java adalah dunia yang berdiri hampir sepenuhnya di atas OSS. Ini bisa jadi
keuntungan di negara tertentu, tapi mostly bikin masalah yang kebanyakan
companies gak willing to take. OSS itu gak free... in fact, kadang2 lebih
mahal daripada proprietary vendor.

2009/6/6 Frans Thamura <fr...@meruvian.org>

> saya baru chat dg temen kuliah yang kerja Java juga di luar negeri,
> dia kerjanya keliling dari eropa-afrika, gak kerasa dah 10 tahun lebih
> dia diluar
>
> dia melihat malah .net yang going to corporate, karena java is getting
> expensive
>
> dan saya juga mulai believe :) karena lihat di jug ini, telah berapa tahun
>
> 1. saya melihat "orang pinter" makin banyak, tetapi mana ada program
> join force yang serius, yang ada "gue bisa" daripada "ini hasil kita"
> 2. the power of us here, itu jauh dg marketing spending yang
> [...]

Kirim email ke