Keuntungan open source itu dah jelas. Quality n freedom... yang gak perlu
lagi gw bahas. Gw cuma mo point out opposide side, devil advocate, yang
jarang banget dihighlight... cost dari OSS.

Gw dah sering liat banyak company yang strictly nolak any OSS part dari
project yg dikerjain vendor2nya. They make it loud n clear. Terutama dari
banking industry.
Law suit cuma 1 hal. Future developments n needs yang gak compatible dengan
policy OSS licensenya.. itu juga laen hal. Hal yang paling expensive buat
mereka juga adalah gak ada pihak yang legally responsible terhadap OSS
project. Kalo productnya ada flaw... worst casenya, lo cuma dapet response
dari community... "yeah, send me the patch", "I'll look at it when i feel
like to", ato "dude.. its free.. for god sake just take it or leave it. Or
better, why don't you fix it and contribute something for what you get?".
Kalo ada cacat, gak ada yang bisa dijadiin kambing hitam yang mereka bisa
legally minta pertanggungjawaban.

Banyaak banget client yang terang2an strict no-OSS policy. Mereka lebih
prefer solusi2 official, misalnya dari IBM... yang akhirnya mereka complaint
siapa bilang java murah? OS non windows juga larinya ke box Solaris yang
anything but cheap.

Di .net in particular banyak banget client yang strict no OSS, dan nolak2in
project yang mengandung NHibernate, nServiceBus, Windsor, Monorail, n
stuffs. Mereka demand product yg "official" (baca: keluaran redmond)... yang
dah lengkap dari ORM, DI container, MVC dalam frameworknya.

Kenapa ini lebih common di .net (daripada java)? Kenapa mereka pilih .net in
first place? Because mereka lari ke .net justru karna solusi official
non-OSS nya lebih gampang n murah (in fact, they're all free).

Di pasar non-OSS kayak ginilah, keunggulan java (mix n play OSS products)
justru jadi kelemahan.

Dan for all its worth, gw juga benci company2 yg ngelarang OSS.. karna
hampir semua tooling favorite gw dari OSS.. Tapi alas, itu fact yg we have
to live with.

2009/6/9 Edward Yakop <e...@apache.org>

> orang2
> wabah. 1
>
> Err, abis baca semua argument kamu.
> OSS itu gratis tapi tergantung apa yang kamu pengen kerjain.
> Kalo kamu mau pakek OSS di commercial, be careful dengan licensenya.

> OSS
> adalah,
> bagian
> dari

> [...]