Mengenai masalah coba2, saya setuju dengan pendapatnya cute_thie
bahwa untuk urusan akhirat lebih baik memilih hal yang pasti2 saja.
Saya tidak mau mengambil resiko untuk kehidupan akhirat nanti, demi
untuk mencoba-coba sesuatu yang belum pasti. Hal2 yang pasti saja
dalam agama ini masih banyak kok yang belum saya ketahui dan
amalkan... :)

Mengenai masalah hakikat, saya percaya kesungguhan dalam
melaksanakan syariat sesuai dengan rukun2nya seperti apa yang
dicontohkan oleh Rasulullah serta menghayati perilaku syariat yang
dikerjakan maka akan mengakibatkan si pelaku menemui hakikat
(kebenaran) dari apa yang dilakukannya. Contohnya seperti
diungkapkan Al Qur'an mengenai shalat "bahwa sesungguhnya shalat itu
mencegah perbuatan keji dan mungkar".

Jika kita meluruskan jiwa kita kepada sang pencipta dengan tidak
sedikitpun ada kesyirikan dalam hati maupun pikiran kita,
menghadirkan hati, perasaan, serta dialog yang telah disyariatkan,
mengikuti gerakan2 harmonis yang telah disyariatkan, maka niscaya
akan kita dapati hakikat dari shalat, yaitu karunia ketidakmampuan
berbuat keji dan mungkar, serta akan dimudahkan untuk selalu
bersikap baik.

Di dalam hati orang yang khusyuk dalam sholatnya, akan timbul
perasaan ihsan yang terus-menerus terhadap Allah. Seperti yang
disebutkan dalam hadits shahih bahwa orang yang telah mencapai
tingkat ihsan maka ia akan beribadah seolah-olah melihat Allah, dan
jika ia tidak bisa melihat Allah, maka ia yakin bahwa Allah
melihatnya. Allah berfirman kepada mereka "Keberuntunganlah bagi
orang2 yang beriman, yaitu mereka yang khusyuk dalam shalatnya."

Bagaimana dengan hakikat dari ibadah2 kita lainnya? Mari sama2 kita
belajar, cari dan temukan, tapi tentunya dengan tetap berada di
dalam koridor syariat..

Wassalam

--- In keluarga-islam@yahoogroups.com, Ari Dino <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Setuju sekali kang arland,
>
> Masih banyak diantara yang mendalami Islam hanya dari luarnnya
saja,
> bahkan banyak yang hanya memegang dan menciumi nya saja tanpa
> merasakan esensi seungguhnya dari ajaran Islam itu sendiri.
>
> Hanya saja dalam Islam tidak bisa kita mencoba coba sesuatu kang.
> Yang pasti ada, buat apa coba coba... he he he kayak iklan minyak
> wangi aja coba coba...
>
> Salam
> Ari

Ilmu merupakan harta abstrak titipan Allah Subhanahu wata'ala kepada seluruh
manusia yang akan bertambah bila terus diamalkan, salah satu pengamalannya
adalah dengan membagi-bagikan ilmu itu kepada yang membutuhkan.
Janganlah sombong dengan ilmu yang sedikit, karena jika Allah Subhanahu
wata'ala berkehendak ilmu itu akan sirna dalam sekejap, beritahulah orang yang
tidak tahu, tunjukilah orang yang minta petunjuk, amalkanlah ilmu itu sebatas
yang engkau mampu.