From: Donny B.U. [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Rabu, Februari 27, 2002 9:30
To: [EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED];
[EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED];
[EMAIL PROTECTED]; APKOMINDO-list
Subject: [telematika] Re: Porno apa perlu di bahas ?

ya beda pak konteksnya.
"konten" pornonya memang tidak perlu dibahas, tetapi "citra" yang
ditimbulkan oleh pornografi itu sangat perlu dibahas. itu kalau kita masih
concern dengan peningkatan penetrasi internet di kalangan orang awam non
pengguna IT.

saya kemarin diskusi dengan Mr Peter Doyle dari FCC
saya tanya, FCC apakah concern dengan pornografi di media massa.
dia bilang "ya", dan FCC melarang media massa (TV dan radio) memuat
pornografi.
dia menegaskan pula bahwa memang ada aturan2 tertentu, misalnya jam tayang
dsb. memang ada problem, katanya, mengenai kriteria pornografi. FCC memiliki
kriteria baku tentang pornografi, tetapi sulit ketika diimplementasikan.
lalu mengapa hanya TV dan radio? "karena kedua media massa itulah yang
eksposurenya lebih luas, karena lebih terdapat di setiap rumah tangga". jadi
fcc tidak terlalu ngurusin pornografi di internet.

itu saya setuju, karena angka penetrasi internet di amerika sudah cukup
tinggi. jadi di amerika, usaha orang2 IT (internet) di sana adalah bukan
fokus pada peningkatan penetrasi, tetapi sudah pada diversifikasi teknologi.

nah kita di indonesia kan beda. kita selain berusaha meningkatkan penetrasi
internet, juga sembari melakukan diversifikasi. yang melakukan diversifikasi
ya tentu mikirnya bagaimana agar teknologi bisa tercipta dengan biaya murah
dan menyebar secara luas. sedangkan yang tengah teriak2 mau meningkatkan
penetrasi internet (IT), itu kudu dibarengi dengan "citra" barang yang
dijualnya, dalam hal ini Internet.

saya coba kutipkan e-mailnya pak hidayat yah.

===
> Buat kita yang di Indonesia, saya kira Internet "masih sehat" jadi tak
> perlu di bahas atau di heboh kan ...
> Paling keselip ... seperti di milis genetika ini sampai beberapa kali
> diposting penawaran gambar porno, apa ada yang klik ? Rasanya juga
> nggak...
===

itu "buat kita yang di indonesia" atau "buat kita yang sudah menggunakan IT
di Indonesia"? karena kalau buat kita di indonesia, berarti kita berbicara
sekian ratus juta penduduk indonesia. padahal yang punya telepon hanya 3
persen, yang punya internet hanya 1 persen, dan yang punya komputer hanya
sekian persen (berapa persen ya tepatnya?). jadi gak bisa kita
mengeneralisir situasi-kondisi-pengalaman-pemahaman "kita orang IT" kepada
"masyarakat indonesia".

akhirnya, khan "diperkirakan" internet masih sehat. itu perkiraan kita
"orang IT" ataukah "mereka orang awam non pengguna IT" ? kalau penduduk
indonesia yang mayoritas orang awam IT itu menganggap internet itu "masih
sehat", mengapa ada gejala2 sweeping warnet? mengapa orang media (arswendo)
melarikan pornografi ke Internet? mengapa media massa lebih laku menjual
sisi pornografi di internet? dll. dll.

nah soal keselip di milis, itu kita berbicara soal "kita yang sudah
menggunakan internet". jadi bagi kita-kita orang IT, (mungkin) sudah
bosenlah dengan pornografi dalam bentuk web, e-mail, dll. jadi kalo ada yang
ngirim, udah males aja nge-kliknya. iya itu benar, tetapi sekali lagi, itu
berbicara soal "kita yang sudah menggunakan IT", "kita yang sudah
menggunakan Internet", "kita yang sudah tahu caranya berlangganan milis",
"kita yang sudah tau sisi positip dan negatifnya internet".

jadi saya coba kembalikan pada konteksnya, kita janganlah berpikir dari
sudut pandang "kita" sebagai orang IT yang sudah tau apa itu internet. kalau
memang niat kita jualan internet, berarti kita harus "menggunakan kacamata"
calon konsumen. kita kalau jualan barang khan seharusnya tidak berkata
"pak/bu, ini barang bagus lho. saya sudah makai ini beberapa kali, dan
bermanfaat bagi saya". akan jauh lebih baik kalau berbicara dari kepentingan
konsumen, "pak/bu, barang ini akan bisa membantu anda dalam melakukan
ini/itu, silakan ibu/bapak coba dahulu".

jadi porno apa perlu di bahas? kalau konteksnya adalah kontennya, tentu
tidak! saya tidak membahas soal konten pornografi. karena yang namanya
konten, itu tentu baru muncul kalau di akses. dan yang mengaksesnya adalah
mereka yang sudah memegang komputer dan internet!

tapi kalau konteksnya adalah citranya, tentu harus dibahas!. karena
bagaimana orang awam mau kenal atau dekat dengan Internet, kalau yang ramai
dia dengar atau yang dia dengar pertama kali tentang internet adalah hal-hal
yang negatif. bisa saja sih kita berkata, "ah itu belum terjadi kok. di
indonesia internet masih sehat-sehat saja". apa kita perlu nunggu dulu
terjadi baru kita reaktif? mengapa kita tidak giat melakukan "promosi2"
sebagai tindakan preventif? toh "promosi" itu bukan untuk "kita" orang IT,
tetapi bagaimana agar "orang non-IT" bisa mendapatkan informasi yang jelas
tentang internet. jadi selain promosi teknologinya, harus dibarengi promosi
citranya. anda tidak akan laku jualan pisau dapur, kalau calon konsumen anda
mempresepsikan pisau dapur sebagai alat untuk membunuh (misalnya baru
mengalami pengalaman yang buruk soal pisau dapur, entah dari tayangan tv,
pemberitaan media massa, dengan kabar, dll).

siapa yang tidak kenal kecap ABC? sudah dari dulu terkenal, kok sekarang
masih beriklan? mereka tetap beriklan karena 2 hal, yaitu untuk terus
mengingatkan konsumennya dan untuk menggaet konsumen baru. mereka tidak
perlu "nunggu" sampe produknya kesaing sama produk lain, baru beriklan.
mereka tidak perlu "nunggu" citra mereka buruk, baru beriklan.

jadi kita berbicara soal citra, bukan kontennya. jika ingin meningkatkan
penetrasi internet (jualan), maka kita harus menciptakan needs (kebutuhan).
kebutuhan akan bisa diciptakan kalau ada kemudahan dan fungsi yang
ditawarkan. tetapi inti dari semua itu, citra dari apa yang hendak kita jual
itulah yang perlu kita bangun dan jaga!

nb: anggaplah kita keluarga besar IT di dalam suatu rumah ini orang2 di luar
IT sedang bertanya2, internet itu positip atau negatif. malah ada yang lebih
keras menganggap internet itu negatif. kita bukannya berbicara baik-baik
dengan mereka, tetapi malahan mengunci diri dengan mengatakan "ah internet
tidak negatif. itu kan pikiran anda. kami sebagai pengguna internet tahu hal
itu". apa jawaban tersebut yang kita harapkan bisa mengajak mereka untuk
"bertamu" ke dalam rumah kita? mengapa kita tidak bertanya mengapa mereka
sampai berpikir seperti itu? karena kalau kita sudah mengetahui jawabannya,
kita bisa berdiri di posisi mereka dan memandang dari kacamata mereka. lalu
marilah bersama-sama kita rapihkan citra internet menurut sudut pandang
calon tamu-tamu kita, bukan sudut pandang kita sebagai tuan rumah. niscaya,
tamu2 tersebut jadi sudi bertandang ke rumah kita. the question is, "apakah
kita harus menunggu rumah kita dilempari orang dulu, baru kita bernegosiasi
dan berbicara baik-baik dengan para tetangga?".......

-dbu-
Pekerja TI Biasa