On Tuesday 05 March 2002 03:58, Wahyu Purnomo wrote:
> assalamuala'ikum wr wb

> pak ihsan, saya sudah download webthings versi 4,
> kebetulan di komputer saya (os windows) ada apache,
> php, dan mysql

Sudah diinstall phpmyadmin belum? Kalau sudah rasanya lebih gampang
memanfaatkannya.

> saya ingin menanyakan gimana caranya membuat database
> dan meng-excute db.sql, seperti yg saya baca di
> readme.txt "create a database at your mysql and
> execute the script db.sql
> on it"

Yang saya lakukan seperti ini (asumsinya apache, php, mysql, dan phpmyadmin
sudah berjalan lancar):
a. panggil phpmyadmin    ----- http://192.168.0.1/phpmyadmin/
   (192.x.x.x adalah nomor ip server)
b. Create database webthings  -------  Isi kotak dengan: webthings, lalu klik
"Create".
c. Database webthings sudah tercipta. Lihat di frame kiri, harus tampak
tulisan webthings. Klik tulisan "webthings" itu.
d. Perhatikan kotak lebar yang di atasnya bertuliskan: Run Sql query/querries
e. Minimize dulu Internet Explorer untuk menjalankan Windows Explorer, karena
kita akan melihat isi script db.sql dengan menggunakan Notepad.
f. Setelah db.sql terlihat di Notepad, sorot seluruh isinya (select all)
g. Klik kanan mouse --> copy.
i. Maximize kembali Internet Explorer.
j. Klik-kanan mouse di dalam kotak Run Sql querry, lalu paste.
Seluruh isi file db.sql sekarang harus berada di kotak tadi.
k. Lalu klik go. Maka seluruh table yang diperlukan telah ada dalam database
webthings.

Adalagi cara lain,  yaitu: mysql webthings < db.sql

Hth. Cmiiw.
salam,
hmi

> ps. maaf via japri karena nggak bisa posting ke
> sekolah2000

Kenapa enggak bisa, pak?
Posting ini saya cc-kan ke milis.