--- In mayapadaprana@yahoogroups.com, "MANG UCUP" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Pertanyaan saya:
> berapa lama waktu dibutuhkan untuk bisa belajar meditasi yang
benar ?

Brewok :
++ Seumur hidup. Meditasi adalah perjalanan, proses, bukan tujuan.

> Adakah crash course atau belajar kilat begitu,
> maklum waktu mang Ucup di kampung itu sangat terbatas sekali ?

++ tidak ada mang.

> Apakah untuk pertanyaan2  yg diajukan oleh kang Brewok itu,
> jawabannya hanya bisa didapatkan melalui meditasi saja ?

++ Mang, kehidupan adalah meditasi itu sendiri. Di kehidupan ini
anda sudah hidup lebih lama daripada saya, sudah melihat belahan
dada .... eh belahan lain dari planet ini (hehehe) yang belom pernah
saya lihad. Anda punya pengalaman yang mungkin belum saya alami.
Jadi saya tidak bisa mengajarkan meditasi pada anda. Anda sedang
mengalami meditasi itu sendiri! Nah masalahnya adalah apakah anda
saat ini enjoy dengan kehidupan anda? Apa yang anda rasakan dengan
pencapaian hidup anda? Sudah seimbangkah hubungan vertikal ilahi
dengan dengan horizontal kemanusiaan anda? Semakin lama waktu yang
kita ambil untuk merenungkan kehidupan kita (Baca : meditasi) akan
semakin banyak pertanyaan2 yang bisa kita gali. Tiap hari kehidupan
menyajikan sesuatu untuk kita pelajari, kita hanya tinggal buka mata
&  pasang telinga baik-baik

Agar itu tercapai, pikiran (mind) harus tenang dulu. Agar pikiran
tenang, maka tubuh harus didisiplinkan untuk tenang terlebih dahulu.
Duduk diam tenang (za-zen), memperhatikan nafas yang masuk dan
keluar hanyalah cara guna mendisiplinkan tubuh agar tenang. Jika
pikiran hening serta tubuh tenang, tidak menutup kemungkinan denyut
jantung menjadi lebih lambat, bernafas menjadi lebih dalam, aliran
darah ditubuh lebih lancar, sehingga tubuh pun menjadi sehat dan
bugar.

> Mohon petromaknya, maklum masih burem alias remang2 nih
> salam persahabatan dgn tabik jabat tangan erat dari sobat tua di
Londo
> mang Ucup

++ Petromak anda lebih bagus dari saya, sudah melalui banyak jaman..
hanya tinggal digunakan saja. Petromak saya masih perlu jam terbang
lebih banyak. nanti ke bdg jangan cari saya untuk meditasi yah...
kan bisa dilakukan tiap hari di Amsterdam sana :-)

Namaste!

Quotes :
"Religion is a set of social and political institutions and spirituality is a
private pursuit which may or may not take place in a church setting."
 - D. Patrick Miller -