Mbak Indri,

kalau pengalaman saya dulu anak pertama 1,5 th udah selamat tinggal pospak
tuh, krn dia selalu bilang kalau mo pipis, malampun begitu
saya sih gak panjang-pangajng kasih pengertian cuma gini " kalau mau pipis
di belakang/WC ya sayang...." jadi mungkin dengan sedikit kata itulah dia
faham betul , bahwa kalau tidak di wc ngak bakalan pipis

nah trus anak ke -2 lk juga begitu dan kebetulan agak lambat berbicaranya,
dia cuma bisa ngajak dengan menarik tangan saya sambil menuju ke kamar
mandi
memang sih....sedari 6 bulan saya udah kenalkan pipis di sini ya ..ini
wc....
Bagitu bu  semoga membantu....

Salam
Maf