Wah, beruntungnya mbak Maf, umur 1,5 udah bebas
pospak.
Aku juga kenalkan WC kok mbak, aku bilang "kalau mau
pipis mau ee (maaf) di sini ya, jangan di lantai,
jangan di kasur." Berkali-kali lo mbak dan kayaknya
dia ngerti. Sebab dia nunjuk kasur yang kena ompol
sambil bilang "bau..bau". Tapi terulang lagi, terulang
lagi.
Mungkin kesalahanku karena telat mengenalkannya ya
mbak. Dia baru aku larang-larang setelah umur setahun.

Akibatnya sekarang dia malah fobia air dingin. Hampir
setiap cebok teriak "dingin mama.. dingin mamaa".
Padahal anak tetangga yang usianya belum setahun sudah
nggak mandi air panas lagi.

Anehnya, pernah sengaja kumandikan bareng ama anak
tetangga di rumah tetangga, dia malah tidak nangis.
Padahal mandi air dingin.

Kalau sudah terlanjur fobia begini, apa yang hrs saya
lakukan?

Boleh tau cara detailnya mbak, step-step mengenalkan
toilet training di usia 6 bulan? Saya mau terapkan ke
adiknya. Apa setiap habis menyusu atau setiap bangun
tidur harus didudukkan di pispot atau dibawa ke kamar
mandi? Masalahnya saya kesulitan menerka kapan dia mau
BAK or BAB.

Thanx,
Indri

http://www.mail-archive.com/milis-nakita@news.gramedia-majalah.com/