  From: Lukas Kristanto
  To: [EMAIL PROTECTED]
  Cc: ppiindia@yahoogroups.com
  Sent: Thursday, January 03, 2008 1:44 AM
  Subject: RE: [ppiindia] Tanya aliran Unitarian

  Mas Radityo yang aku hormati,

  Aliran unitarian adalah aliran yang menjunjungi tinggi basis keimanan
abrahamik atau ajaran ketuhanan abraham/ibrahim. Abrahamik teguh memegang
prinsip keesaan Tuhan, mungkin kalau aku tidak salah di islam disebut tauhid.
Ajaran yang dibawa Musa, Isa (Yesus) dan Muhammad berawal dari ajaran
abraham/ibrahim. Di Indonesia, aliran unitarian dari kelompok frank donald
menamakan dirinya KRISTEN TAUHID.

  Dalam pandangan kami, Allah (Elohim, bhs ibrani) tidak mungkin inkonsisten
dalam menurunkan ajaran keimanan kepada umatnya di sepanjang sejarah manusia.
Kalau abraham diajarkan tentang ke-Esaan Tuhan oleh Allah, seluruh keturunan
abraham akan mengikuti sejarah pengajaran itu secara linier. Ajaran Allah
berkembang dinamis dan progresif secara linier, polanya tetap meskipun
berkembang terus. Jadi mas, konsistensi Tuhan yang jadi pegangan kami, pola
Allah abraham tidak mungkin unlinier.

  Yang kedua, berdasarkan analisa kaum unitarian, injil sinoptik (Matius,
Markus, Lukas) dan Injil apokaliptik (Yohanes), tidak ada satupun ayat yang
merupakan pernyataan langsung yesus (eksplisit) yang menyatakan dirinya tuhan.
Sedangkan kata-kata implisit selalu dihubungkan dengan teks Bapa dan Aku
menjadi satu (terutama di Injil Yohanes), seolah-olah ada kesatuan personaliti
Allah dan Yesus, sehingga Yesus dianggap Tuhan. Bagi kami itu metafora yang
berlebihan. Kami sering dituduh sebagai pengembang ajaran arius (arianisme)
yang dinyatakan sesat dalam konsili nicea 325 oleh kaisar konstantin, padahal
keputusan itu berbau politis.

  Ketiga, yesus dianggap Tuhan baru muncul abad ke-3, terutama ketika
surat-surat paulus mulai beredar saat itu. Paulus (ajaran Paulian) dianggap
sebagai basis keimanan Kristen saat ini yang mempertuhankan yesus
(deification), terutama teori kenosis (Tuhan mengkosongkan dirinya menjadi
manusia), Filipi 2: 5-11. Allah (Elohim) yang kami sembah itu absolut dan
kekal, tidak mungkin masuk ke alam tidak kekal (fana) apalagi menjadi manusia,
Allah tidak antromorphisme (berwujud manusia). Allah itu imaterial bukan
material..

  Secara eksplisit dan implisit tidak ada kata trinitas dalam bible, istilah
ini hanya penafsiran dogmatis. Kami memandang trinitas prinsipnya tidak berbeda
dengan ajaran-ajaran tritheisme, semacam ajaran mesir kuno: Isis-Osiris-Horus,
dan ajaran semacamnya yang banyak muncul sebelum kristen itu lahir.

  Di Perancis ajaran unitarian berkembang pesat, terutama ketika kegairahan
para arkeolog, theolog dan historian menyelidiki secara serius
manuskrip-manuskrip kuno termasuk gulungan laut mati (dead sea scroll) yang
ditemukan tahun 1947, yang ternyata tidak ada indikasi ajaran trinitas,
penebusan dosa dan inkarnasi (Tuhan menjadi manusia)

  Pertanyaan mas radityo, siapa tuhan yang disembah kami, kami kaum unitarian
menjawab yang disembah Tuhan Abraham yaitu Elohim (Allah). Apakah kami tidak
percaya yesus? Kami percaya Yesus adalah hanya sebagai nabi dan rabbi, bukan
tuhan.

  Mungkin itu secara garis besar tentang unitarian. Terima kasih pertanyaannya!

  Salam
  Lukas Kristanto

  mediacare wrote:
  > Mas Lukas, numpang tanya. Boleh tahu sekilas sejarah tentang munculnya
aliran Unitarian?
  > Lalu kalau tidak mempercayai Yesus dan Roh Kudus sebagai Tuhan, jadi
Tuhannya siapa dong?
  > Terima kasih.
Yang Tidak Wajib Dirayakan
Tidak Wajib Dirayakan
  > Date: Wed, 2 Jan 2008 13:56:26
  > From: Lukas Kristanto < luke_christ_ [EMAIL PROTECTED] ca >
  > To: patricia_dsw@ yahoo.co. nz < patricia_dsw@ yahoo.co. nz >
  > Cc: [EMAIL PROTECTED] s.com < [EMAIL PROTECTED] s.com >
  > Thanks mbak patricia tanggapan mbak tentang unitarian. Ya memang begitulah
semestinya, seperti yang mbak uraikan. Aliran unitarian yang aku anut tidak
mempercayai yesus sebagai tuhan, yesus hanyalah seorang nabi yang diutus utk
mengembalikan iman israel yang sudah terkontaminasi dengan paganisme dan
mitos-mitos. Juga aliranku tidak mempercayai roh kudus sebagai tuhan! trinitas
itu rekayasa pemikiran manusia yang dipaksakan pada konsili chalcedon tahun
451, yang benihnya ada sejak konsili nicea 325 dan konstantinopel 381.
  > Gak ada bedanya sih dengan unitarian, kalau mbak bergabung dengan kristen
liberal pada intinya bertujuan untuk lakukan demitologisasi. Jadi benar koq
yesus sebagai tuhan itu mitos, juga roh kudus itu mitos! Makanya mbak,
mitos-mitos ini harus dikikis dari dogma gereja.
  > Benar mbak, aku sering mengikuti diskusi-diskusi unitarian dari kelompok
frank donald, mbak kenal ya?
  > Boleh tanya lagi mbak, bagaimana pandangan mbak tentang bible apa bisa
disebut firman tuhan, sebab isinya khan narasi belaka?
  > salam,
  > Lukas Kristanto
Membias dari ajaran aslinya (Jesus minded), dan yang sekarang dogma-dogma
buatan manusia (church minded). Saya memaklumi anda menganut unitarian, karena
trinitarian baru muncul pada abad ke-3, dan terlalu dipaksakan sebagai dogma.
Trinitas mirip dengan ajaran mithranisme di persia, yang punya kisah ada dewa
yg turun ke bumi untuk melakukan penyelamatan, tapi jadi lembu, bukan manusia
dan disiksa sampai mati untuk menebus dosa! Kalau kita beranalogi, mestinya
yesus jadi lembu khan! Sebab, dalam PL korban bakaran selalu dari binatang!
325 memutuskan yesus adalah tuhan, melalui sidang dengan voting, yang karena
nuansa politiknya sangat tinggi maka kelompok anathasius memperoleh suara
terbanyak yang berpendapat yesus adalah tuhan! Maka hasil keputusan konsili ini
disebut dengan dogma anathasian, lawan dari arian (pengikut arius yang tidak
mempercayai yesus adalah tuhan)
trinitarian (bapa-anak-roh kudus) muncul pada konsili konstantinopel 381, roh
kudus sbg oknum ke-3 trinitas baru dibicarakan pada konsili ini. Ya, sejarah
yang tidak konsisten, unitarian menjadi binaritarian dan kemudian trinitarian.
Para penulis PB bukan saja propagandis, mereka juga kontroversialis. Bayangkan,
selama hidupnya Yesus tdk pernah dipanggil dengan nama YESUS, karena bahasa
yesus adalah bahasa aram, sedangkan yesus itu adalah nama yunani. Tapi justru
tulisan PB memberi nama yesus, bahkan doa2 org kristen menyebutnya yesus
(Jesus) pula. Peristiwa sejarahnya di yerusalem, tapi bahasanya malah dari
eropa!. Ini khan lucu bung...!
dia mengatakan: yesus itu khan bahasa yunani, dalam hidupnya dia tdk pernah
dipanggil dgn nama itu. Cobalah buka lembaran sejarah kristen, jangan menutup
mata, supaya tahu bgmana kristen itu menjadi ajaran yg distorsif. Lalu teman
tadi mengatakan Yesus itu bhs yunaninya, bhs ibraninya Yoshua, bhs inggrisnya
Jesus. Mestinya org Indonesia pakai nama lain dong, Yesus bisa diganti dgn
sugeng, bambang, kartolo, cecep, togar atau apa saja! Gak adil dong org
indonesia harus panggil tuhannya dgn nama yunani. Coba diseminarkan cari nama
yg khas indonesia. Wah, saya juga terkejut dengan komentar guyonan yang kritis
ini.
tengah menentang konsil chalcedon th 451 khususnya tentang trinitas. Konsili
chalcedon memutuskan bahwa trinitas itu adalah 1 hakekat (ousia) dlm 3 pribadi
(hypostases) , tapi aliran kapadokian menentang, katanya, tdk ada hakekat yang
terpecah menjadi 3 pribadi. Karena persoalan banyak pribadi akan memunculkan
banyak perintah & hirarki. Maka sebenarnya 3 unsur itu bukan pribadi
(hypostases) tapi hanya pancaran ilahi (prosopon).
Sejarah Kekristenan adalah suatu catatan pertentangan terus-menerus (The
history of Christianity is a record of constant conflict). Bayangkan rumusan
trinitas ber-beda2 versi, ada teori modalisme (sabelius) yg intinya trinitas
itu adalah cara muncul (modus) Allah, spt halnya org yg pakai topeng yg
ber-beda2. Unsur2 trinitas itu bukan oknum/pribadi, pribadi itu cuma satu.
Jadi, trinitas bukan konsep yang tunggal, masih ada pro dan kontra, dan masih
berwarna-warni teorinya yang antara satu dengan yang lain bertentangan.
menolak doktrin trinitas! Oh iya, apakah anda bergabung dengan diskusi-diskusi
unitariannya Frank Donald?
tidak natalan, ngapain harus merayakan kalo gak jelas riwayatnya. Aku penganut
unitarian yang menolak doktrin trinitas. Bagaimana menurut mbak tentang
unitarian?
mengapresiasinya dalam ibadah. Tapi bukan berarti mbalelo, hanya suatu sikap
untuk memegang teguh prinsip back to bible. Bagi saya merayakan natal nggak ada
bedanya dengan berkamuflase terhadap tradisi yang tidak jelas asal-usulnya,
apalagi tidak bersumber pada bible.
perintah (kalimat imperatif) dalam bible untuk melakukan ibadah dan perayaan
natal. Tragisnya, natal dirayakan dalam suasana eropa (europe oriented), dimana
ada pohon natal, salju, sinterklas, dan candle light yang semuanya itu tidak
ada dalam budaya yerusalem sebagai sumber sejarah kekristenan di masa lampau!
sudah mengalami distorsi, bahkan kalau boleh dengan ekstrim saya katakan
&quot;SESAT& quot;. Sekarang saya sudah bebas dari belenggu itu, dan merasa
enjoy, malah seringkali ketawa melihat orang-orang pada gereja beribadah natal,
begitu bodohnya mereka tidak sadar kalau dibodohi tradisi yang salah kaprah
ini.
berjudul Your Brain on Dogma di akhir tulisannya mengatakan: Be Smart ...!
Don&#39;t start. Just say NO. Maksudnya, kalau ingin cerdas sebagai seorang
kristiani, jangan memulai dengan dogma-dogma, katakan saja TIDAK.
menikmati hidup saya sebagai seorang kristiani yang sesungguhnya! Termasuk
beribadah hari minggu pun saya menganggap bukan kewajiban, ya tradisi yang
salah kaprah, di luar kebiasaan umat mula-mula yang mensucikan hari sabath
(sabtu).
Saya miris melihat gereja-gereja di eropa kosong melompong sudah ditinggalkan
umatnya, bahkan pertumbuhan atheism community di eropa meningkat 112% sejak
tahun 1998 yang mayoritas berasal dari penganut katolik-kristen (seperti
terungkap dalam buku IMPOSSIBLE THEOLOGY yang ditulis J. Mike Gascoigne). Ini
artinya tradisi dan dogma gereja sudah tidak diterima oleh mereka, bahkan
dianggap irasional.
bahkan kesesatan.... ! Be smart....! God Bless you
the boot with the All-new Yahoo! Mail. Click on Options in Mail and switch to
New Mail today or register for free at http://mail.. yahoo.ca

yg Lebih Baik, in Commonality & Shared Destiny. http://groups. yahoo.com/
group/ppiindia
BS, MS degree - College-Finder. net.
> [...]
boot with the All-new Yahoo! Mail. Click on Options in Mail and switch to New
01/01/2008 12:09