assalamu 'alaikum wa rahmatu-lLahi wa barakatuH,

Saya pernah membaca buku tulisan Frans Donald judulnya "Allah dalam
Alkitab & AlQuran, sesembahan yg sama atau berbeda?". Buku yg mengundang
kontroversi terutama oleh kalangan kristen trinitarian. Jika anda
perhatikan covernya terdapat tulisan 'bacaan utk dewasa'. Dan penulis
-Frans Donald- agar pembaca bersikap dewasa dlm memahami perbedaan ini
(penulis pernah diancam akan dipidanakan ketika menulis buku 'dua kasus
besar yg keliru', buku mengenai doktrin trinity dan perayaan natal yg
keliru dan tdk alkitabiah hal 89).

saya stuju dg anda bahwa tdk ada pengakuan Yesus yg menyatakan beliau
adalah Tuhan, Bahkan Yesus berkali2 menerangkan bahwa hanya ada 1 Tuhan
dan dia hanyalah utusan Tuhan, seorang nabi. Ayat2 tsb bisa anda temukan
Yoh17:3, Luk4:8, Mark12:29. Pengakuan Yesus yg 'terekam' oleh penulis
injil tsb hampir paralel dg pengakuan Isa AlMasih di dalam AlQuran,

Berkata Isa: "Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab
(Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi. dan Dia menjadikan aku
seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan
kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup; dan
berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong
lagi celaka. Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku
dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup
kembali". Itulah Isa putera Maryam, yang mengatakan perkataan yang benar,
yang mereka berbantah-bantahan tentang kebenarannya. Tidak layak bagi
Allah mempunyai anak, Maha Suci Dia. Apabila Dia telah menetapkan sesuatu,
maka Dia hanya berkata kepadanya: "Jadilah", maka jadilah ia. Sesungguhnya
Allah adalah Tuhanku dan Tuhanmu, maka sembahlah Dia oleh kamu sekalian.
Ini adalah jalan yang lurus. QS19:30-36

Yesus di 'angkat' menjadi Tuhan sekitar abad ke-4, melalui sidang
konsili2.  orang2 yg mendukung ketuhanan Yesus antara lain Athanasius.
Doktrin ini berkembang sangat pesat setelah kaisar Konstantin memeluk
agama kristen dan menjadikan kristen sbg agama resmi. Kaisar
memperkenalkan  istilah "homoousios" yang pengertiannya adalah "Yesus satu
zat denqan Allah". Maka muncullah kredo nikea yg merupakan cikal bakal
ketuhanan Yesus.
Doktrin ini ditentang keras oleh Arius, yg berpendapat bahwa Yesus hanya
makhluk, dan satu2nya Tuhan hanyalah Allah.

mas lukas, saya mau bertanya sedikit. Jika Yesus tdk pernh mengaku sbg
Tuhan dan anda percaya spt itu. Apakah bentuk ibadah yg anda lakukan?
apakah sama dg kristen trinitarian yg ke geraja hr minggu lalu bernyanyi2
di gereja? setahu saya Yesus tdk pernh mengajarkan ibadah pd hr minggu dan
bernyanyi2 di gereja.

Dalam Injil disebutkan :

Jika kamu berdiri untuk berdo'a,…...(Markus 11:25); ,……. lalu ia berlutut
dan berdo'a (Lukas 22: 41); la maju sedikit,lalu sujud ke tanah dan
berdo'a.... (Markus 14:35).

Jika kita memakai bahasa Arab -yang tentunya lebih dekat kepada bahasa
Aramaik-, maka kata: berdiri, berlutut, sujud, serta berdo'a; akan menjadi
qiyam, ruku', sujud, dan shalat. Dalam Arabic/Englis Bible yang
diterbitkan oleh International Bible Society tahun 1999, kalimat berlutut
dan berdoa tertulis wa raka’a yushalli. Raka'a beram ruku' dan yushalli
adalah shalat sebagaimana yang dipakai oleh kaum Muslim dalam
mengungkapkan hal tentang peribadatan mereka. (islam dihujat, irena H)

mohon maaf jika ada kata yg salah

Wassalamu'alaikum,

Lukas Kristanto <[EMAIL PROTECTED]>
Sent by: ppiindia@yahoogroups.com
01/03/2008 07:44 AM
Please respond to
ppiindia@yahoogroups.com

"[EMAIL PROTECTED]" <[EMAIL PROTECTED]>
cc
"ppiindia@yahoogroups.com" <ppiindia@yahoogroups.com>
Subject
RE: [ppiindia] Tanya aliran Unitarian

Mas Radityo yang aku hormati,

Aliran unitarian adalah aliran yang menjunjungi tinggi basis keimanan
abrahamik atau ajaran ketuhanan abraham/ibrahim. Abrahamik teguh memegang
prinsip keesaan Tuhan, mungkin kalau aku tidak salah di islam disebut
tauhid. Ajaran yang dibawa Musa, Isa (Yesus) dan Muhammad berawal dari
ajaran abraham/ibrahim. Di Indonesia, aliran unitarian dari kelompok frank
donald menamakan dirinya KRISTEN TAUHID.

Dalam pandangan kami, Allah (Elohim, bhs ibrani) tidak mungkin inkonsisten
dalam menurunkan ajaran keimanan kepada umatnya di sepanjang sejarah
manusia. Kalau abraham diajarkan tentang ke-Esaan Tuhan oleh Allah,
seluruh keturunan abraham akan mengikuti sejarah pengajaran itu secara
linier. Ajaran Allah berkembang dinamis dan progresif secara linier,
polanya tetap meskipun berkembang terus. Jadi mas, konsistensi Tuhan yang
jadi pegangan kami, pola Allah abraham tidak mungkin unlinier.

Yang kedua, berdasarkan analisa kaum unitarian, injil sinoptik (Matius,
Markus, Lukas) dan Injil apokaliptik (Yohanes), tidak ada satupun ayat
yang merupakan pernyataan langsung yesus (eksplisit) yang menyatakan
dirinya tuhan. Sedangkan kata-kata implisit selalu dihubungkan dengan teks
Bapa dan Aku menjadi satu (terutama di Injil Yohanes), seolah-olah ada
kesatuan personaliti Allah dan Yesus, sehingga Yesus dianggap Tuhan. Bagi
kami itu metafora yang berlebihan. Kami sering dituduh sebagai pengembang
ajaran arius (arianisme) yang dinyatakan sesat dalam konsili nicea 325
oleh kaisar konstantin, padahal keputusan itu berbau politis.

Ketiga, yesus dianggap Tuhan baru muncul abad ke-3, terutama ketika
surat-surat paulus mulai beredar saat itu. Paulus (ajaran Paulian)
dianggap sebagai basis keimanan Kristen saat ini yang mempertuhankan yesus
(deification), terutama teori kenosis (Tuhan mengkosongkan dirinya menjadi
manusia), Filipi 2: 5-11. Allah (Elohim) yang kami sembah itu absolut dan
kekal, tidak mungkin masuk ke alam tidak kekal (fana) apalagi menjadi
manusia, Allah tidak antromorphisme (berwujud manusia). Allah itu
imaterial bukan material..

Secara eksplisit dan implisit tidak ada kata trinitas dalam bible, istilah
ini hanya penafsiran dogmatis. Kami memandang trinitas prinsipnya tidak
berbeda dengan ajaran-ajaran tritheisme, semacam ajaran mesir kuno:
Isis-Osiris-Horus, dan ajaran semacamnya yang banyak muncul sebelum
kristen itu lahir.

Di Perancis ajaran unitarian berkembang pesat, terutama ketika kegairahan
para arkeolog, theolog dan historian menyelidiki secara serius
manuskrip-manuskrip kuno termasuk gulungan laut mati (dead sea scroll)
yang ditemukan tahun 1947, yang ternyata tidak ada indikasi ajaran
trinitas, penebusan dosa dan inkarnasi (Tuhan menjadi manusia)

Pertanyaan mas radityo, siapa tuhan yang disembah kami, kami kaum
unitarian menjawab yang disembah Tuhan Abraham yaitu Elohim (Allah).
Apakah kami tidak percaya yesus? Kami percaya Yesus adalah hanya sebagai
nabi dan rabbi, bukan tuhan.

Mungkin itu secara garis besar tentang unitarian. Terima kasih
pertanyaannya!

Salam
Lukas Kristanto

mediacare wrote:
> Mas Lukas, numpang tanya. Boleh tahu sekilas sejarah tentang munculnya
aliran Unitarian?
> Lalu kalau tidak mempercayai Yesus dan Roh Kudus sebagai Tuhan, jadi
Tuhannya siapa dong?
> Terima kasih.
Yang Tidak Wajib Dirayakan
Tidak Wajib Dirayakan
> Date: Wed, 2 Jan 2008 13:56:26
> From: Lukas Kristanto < luke_christ_ [EMAIL PROTECTED] ca >
> To: patricia_dsw@ yahoo.co. nz < patricia_dsw@ yahoo.co. nz >
> Cc: [EMAIL PROTECTED] s.com < [EMAIL PROTECTED] s.com >
> Thanks mbak patricia tanggapan mbak tentang unitarian. Ya memang
begitulah semestinya, seperti yang mbak uraikan. Aliran unitarian yang aku
anut tidak mempercayai yesus sebagai tuhan, yesus hanyalah seorang nabi
yang diutus utk mengembalikan iman israel yang sudah terkontaminasi dengan
paganisme dan mitos-mitos. Juga aliranku tidak mempercayai roh kudus
sebagai tuhan! trinitas itu rekayasa pemikiran manusia yang dipaksakan
pada konsili chalcedon tahun 451, yang benihnya ada sejak konsili nicea
325 dan konstantinopel 381.
> Gak ada bedanya sih dengan unitarian, kalau mbak bergabung dengan
kristen liberal pada intinya bertujuan untuk lakukan demitologisasi. Jadi
benar koq yesus sebagai tuhan itu mitos, juga roh kudus itu mitos! Makanya
mbak, mitos-mitos ini harus dikikis dari dogma gereja.
> Benar mbak, aku sering mengikuti diskusi-diskusi unitarian dari kelompok
frank donald, mbak kenal ya?
> Boleh tanya lagi mbak, bagaimana pandangan mbak tentang bible apa bisa
disebut firman tuhan, sebab isinya khan narasi belaka?
> salam,
> Lukas Kristanto
Membias dari ajaran aslinya (Jesus minded), dan yang sekarang dogma-dogma
buatan manusia (church minded). Saya memaklumi anda menganut unitarian,
karena trinitarian baru muncul pada abad ke-3, dan terlalu dipaksakan
sebagai dogma. Trinitas mirip dengan ajaran mithranisme di persia, yang
punya kisah ada dewa yg turun ke bumi untuk melakukan penyelamatan, tapi
jadi lembu, bukan manusia dan disiksa sampai mati untuk menebus dosa!
Kalau kita beranalogi, mestinya yesus jadi lembu khan! Sebab, dalam PL
korban bakaran selalu dari binatang!
nicea 325 memutuskan yesus adalah tuhan, melalui sidang dengan voting,
yang karena nuansa politiknya sangat tinggi maka kelompok anathasius
memperoleh suara terbanyak yang berpendapat yesus adalah tuhan! Maka hasil
keputusan konsili ini disebut dengan dogma anathasian, lawan dari arian
(pengikut arius yang tidak mempercayai yesus adalah tuhan)
trinitarian (bapa-anak-roh kudus) muncul pada konsili konstantinopel 381,
roh kudus sbg oknum ke-3 trinitas baru dibicarakan pada konsili ini. Ya,
sejarah yang tidak konsisten, unitarian menjadi binaritarian dan kemudian
trinitarian.
Para penulis PB bukan saja propagandis, mereka juga kontroversialis.
Bayangkan, selama hidupnya Yesus tdk pernah dipanggil dengan nama YESUS,
karena bahasa yesus adalah bahasa aram, sedangkan yesus itu adalah nama
yunani. Tapi justru tulisan PB memberi nama yesus, bahkan doa2 org kristen
menyebutnya yesus (Jesus) pula. Peristiwa sejarahnya di yerusalem, tapi
bahasanya malah dari eropa!. Ini khan lucu bung...!
dia mengatakan: yesus itu khan bahasa yunani, dalam hidupnya dia tdk
pernah dipanggil dgn nama itu. Cobalah buka lembaran sejarah kristen,
jangan menutup mata, supaya tahu bgmana kristen itu menjadi ajaran yg
distorsif. Lalu teman tadi mengatakan Yesus itu bhs yunaninya, bhs
ibraninya Yoshua, bhs inggrisnya Jesus. Mestinya org Indonesia pakai nama
lain dong, Yesus bisa diganti dgn sugeng, bambang, kartolo, cecep, togar
atau apa saja! Gak adil dong org indonesia harus panggil tuhannya dgn nama
yunani. Coba diseminarkan cari nama yg khas indonesia. Wah, saya juga
terkejut dengan komentar guyonan yang kritis ini.
tengah menentang konsil chalcedon th 451 khususnya tentang trinitas.
Konsili chalcedon memutuskan bahwa trinitas itu adalah 1 hakekat (ousia)
dlm 3 pribadi (hypostases) , tapi aliran kapadokian menentang, katanya,
tdk ada hakekat yang terpecah menjadi 3 pribadi. Karena persoalan banyak
pribadi akan memunculkan banyak perintah & hirarki. Maka sebenarnya 3
unsur itu bukan pribadi (hypostases) tapi hanya pancaran ilahi (prosopon).

Sejarah Kekristenan adalah suatu catatan pertentangan terus-menerus (The
history of Christianity is a record of constant conflict). Bayangkan
rumusan trinitas ber-beda2 versi, ada teori modalisme (sabelius) yg
intinya trinitas itu adalah cara muncul (modus) Allah, spt halnya org yg
pakai topeng yg ber-beda2. Unsur2 trinitas itu bukan oknum/pribadi,
pribadi itu cuma satu. Jadi, trinitas bukan konsep yang tunggal, masih ada
pro dan kontra, dan masih berwarna-warni teorinya yang antara satu dengan
yang lain bertentangan.
menolak doktrin trinitas! Oh iya, apakah anda bergabung dengan
diskusi-diskusi unitariannya Frank Donald?
tahun tidak natalan, ngapain harus merayakan kalo gak jelas riwayatnya.
Aku penganut unitarian yang menolak doktrin trinitas. Bagaimana menurut
mbak tentang unitarian?
mengapresiasinya dalam ibadah. Tapi bukan berarti mbalelo, hanya suatu
sikap untuk memegang teguh prinsip back to bible. Bagi saya merayakan
natal nggak ada bedanya dengan berkamuflase terhadap tradisi yang tidak
jelas asal-usulnya, apalagi tidak bersumber pada bible.
perintah (kalimat imperatif) dalam bible untuk melakukan ibadah dan
perayaan natal. Tragisnya, natal dirayakan dalam suasana eropa (europe
oriented), dimana ada pohon natal, salju, sinterklas, dan candle light
yang semuanya itu tidak ada dalam budaya yerusalem sebagai sumber sejarah
kekristenan di masa lampau!
sudah mengalami distorsi, bahkan kalau boleh dengan ekstrim saya katakan
&quot;SESAT& quot;. Sekarang saya sudah bebas dari belenggu itu, dan
merasa enjoy, malah seringkali ketawa melihat orang-orang pada gereja
beribadah natal, begitu bodohnya mereka tidak sadar kalau dibodohi tradisi
yang salah kaprah ini.
berjudul Your Brain on Dogma di akhir tulisannya mengatakan: Be Smart ...!
Don&#39;t start. Just say NO. Maksudnya, kalau ingin cerdas sebagai
seorang kristiani, jangan memulai dengan dogma-dogma, katakan saja TIDAK.
menikmati hidup saya sebagai seorang kristiani yang sesungguhnya! Termasuk
beribadah hari minggu pun saya menganggap bukan kewajiban, ya tradisi yang
salah kaprah, di luar kebiasaan umat mula-mula yang mensucikan hari sabath
(sabtu).
.! Saya miris melihat gereja-gereja di eropa kosong melompong sudah
ditinggalkan umatnya, bahkan pertumbuhan atheism community di eropa
meningkat 112% sejak tahun 1998 yang mayoritas berasal dari penganut
katolik-kristen (seperti terungkap dalam buku IMPOSSIBLE THEOLOGY yang
ditulis J. Mike Gascoigne). Ini artinya tradisi dan dogma gereja sudah
tidak diterima oleh mereka, bahkan dianggap irasional.
kebodohan, bahkan kesesatan.... ! Be smart....! God Bless you
the boot with the All-new Yahoo! Mail. Click on Options in Mail and switch
to New Mail today or register for free at http://mail.. yahoo.ca

Indonesia yg Lebih Baik, in Commonality & Shared Destiny. http://groups.
yahoo.com/ group/ppiindia
AS, BS, MS degree - College-Finder. net.
> [...]
> Be smarter than spam. See how smart SpamGuard is at giving junk email
the boot with the All-new Yahoo! Mail. Click on Options in Mail and switch
01/01/2008 12:09