Tiba-tiba saja aku jadi teringat dengan kebun binatang di Bukittinggi. Dulu
waktu kecil di kampung aku memang sering diajak jalan oleh abak jo amak ambo
kalau lebaran. Sekedar cuci mata sambil melihat dan mensyukuri karunia Allah
SWT serta mengagumi segala ciptaannya yang bisa diamati dengan mata
telanjang. Subhanallah....berkali kali ucapan itu terucap dari bibir mak dan
abak ambo nan mambao ka kabun binatang tun. Kadang-kadang kami sengaja bawa
kacang rebus dari kampung, atau pisang di belakang rumah kalau kebetulan ada
yang matang. Itu semua sekedar dibawa oleh2 buat si binatang-binatang yang
diciptakan Tuhan...

Kini aku terperanjat...kagum ketika dibawah mikroskop cahaya bahkan ketika
aku menggunakan mikroskop elektron mengamati "binatang" lain yang tidak
pernah bisa diamati dengan mata telanjang. Aku bisa saksikan berbagai macam
bentuk binatang dibawah mikroskop-mikroskop itu. Mulai dari yang hanya
sekedar berbentuk bola kecil dengan intinya sampai kepada bentuk yang tidak
karuan panjang berjelo-jelo, bahkan ada pula kayak monster. Sungguh satu
spektrum kehidupan yang tidak teramati oleh mata kepala. Aku menduga
barangkali ada spektrum kehidupan binatang lain yang juga tidak bisa diamati
oleh mata kepala bisa berukuran lebih kecil dari ukuran yang teramati oleh
mikroskop atau dapat pula berukuran jauh lebih besar dari yang kita lihat,
wallahu a'lam.

Sanak... Sesungguhnyalah kalau kita amati badan kita di bawah mikroskop,
hal-hal yang aku lihat tadi pasti akan dapat pula diamati oleh siapa saja.
Tujuh liang tubuh pada laki2 dan delapan liang tubuh pada wanita
sebenarnyalah habitat yang paling disukai oleh mereka (populasi terbanyak)
tempat "binatang-binatang" dari spektrum lain itu menjalankan aktifitas
hidupnya. Binatang-binatang itu hidup dalam suatu harmoni yang sangat
menguntungkan lingkungannya. Terjadinya dominasi pada satu jenis spesies
akan sangat merugikan lingkungan tempat hidup binatang ini yang akan
dirasakan oleh yang punya badan sebagai SAKIT.  Sungguh suatu pengaturan
yang sangat hebat bila kita mau memikirkan.

Adakah WUDHU bagi orang islam akan menjaga harmoni makhluk hidup ini??? Aku
berpendapat BENAR  bahwa wudhu yang sesuai dengan tuntunan akan menjaga
harmoni binatang ini (bakteri komensal dsb). Jangan pula pendapat ini
dibalik bahwa adanya wudhu satu2nya cara yang dapat membuat harmoni "spesies
binatang tadi".

Kalau yang mau menanggapi silakan.

Rahyussalim