Bismillaah, Ar-Rahmaan, Ar-Rahiim

Saudaraku semua, marilah kita selalu berusaha mengikuti segala petunjuk
Allah dengan cara apa yang sering disebut "Amar Ma'ruf" dan "Nahi Munkar".
Saya percaya, Anda semua tentulah sudah sangat faham dengan istilah populer
tersebut. Maka dengan asumsi tersebut, saya ingin mengajak kita semua masuk
ke dalam yang lebih detail lagi. Ke dalam yang lebih nyata melalui sarana
internet yang canggih ini dan yang tidak semua orang berkesempatan
menggunakannya.

Mengajak berbuat sesuatu yang baik dan bermanfaat adalah istilah lain dari
"amar ma'ruf" itu bukan ? Akan tetapi "tidak melakukan yang buruk dan
mudharat"  adalah sebuah "amar ma'ruf" juga bukan ? Dua-duanya ini boleh
juga disebut sebagai "amal saleh". Ini artinya ada dua perbuatan yang dapat
kita lakukan ketika kita berbicara tentang "beramal saleh". Meski keduanya
boleh kita lakukan secara bersama-sama, akan tetapi saya rasa tidaklah
dalam semua keadaan kita mampu melakukan keduanya sekaligus. Jika kita
berada dalam kondisi "hanya bisa melaksanakan salah satunya" saja, maka
tentu saja kita boleh memilih salah satu yang paling mudah kita lakukan
pada saat itu.

YANG MUNKAR DAN YANG MA'RUF

Setidaknya ada satu hal yang boleh kita sebut "munkar" ada di depan kita
atau juga berada di sekitar kita, yaitu "kemiskinan". Kita dapat membuat
suatu diskusi khusus mengenai dampak kemiskinan. Diskusi itu sudah
berlangsung lama dan melelahkan. Katakanlah bahwa kemiskinan berarti juga
"lemah ekonomi", bisa juga "lemah pendidikan", berlanjut lagi "terbelakang
ilmu pengetahuan", berlanjut lagi "lemah sosial", berlanjut lagi "lemah
politik" dan seterusnya.

Alhamdulillah, kita tidaklah termasuk dalam golongan yang lemah-lemah ini,
sehingga kita tak berhak untuk meminta bagian zakat untuk kita. Akan tetapi
kita adalah termasuk orang yang wajib menysihkan sebagian dari harta yang
kita usahakan sebagai zakat bagi orang-orang yang menyandang predikat
"fakir/miskin". Mereka masih banyak sekali di sekitar kita. Lihatlah di
jalan-jalan yang kita lalui pada pagi hari atau juga pada sore hari kita
pulang kerja atau dari tempat lain. Atau bahkan mereka tinggal tak jauh
dari rumah tinggal kita ? Itulah salah satu kemunkaran yang ada di depan
kita !

Jika kita mengacu pada kata  "nahi munkar" itu, maka kita haruslah berbuat
sesuatu untuk me"nahi"kan (meniadakan, mengurangi, menidakadakan) si
"munkar" itu. Bagaimana caranya ? Yaitu dengan "menciptakan" yang ma'ruf
sebagai usaha untuk mengganti yang munkar tersebut. Bagaimana caranya ?
Lagi-lagi "bagaimana caranya" padahal kita semua mungkin hampir bosan
diskusi soal "apa itu" amar_ma'ruf dan nahi_munkar ini dan kita lupa
mendiskusikan "bagaimana caranya".  Maka sekaranglah saatnya kita diskusi
tentang itu. Saran saya, jika mungkin kita bisa berdiskusi sambil langsung
berbuat "mengapa tidak" ?

Yang jelas, kata-kata kunci yang kita pakai dalam hal ini adalah "bagaimana
mandapatkan uang untuk 'INFAK dan SADAKAH' ?". Ya, "uang".

UANG UNTUK INFAK DAN SADAKAH

Yang harus kita hindari adalah "beramal saleh dengan melakukan yang
munkar". Bukan apa-apa, soalnya hal ini pernah dilakukan oleh seorang Kusni
Kasdut (non muslim), yang merampok orang kaya untuk diberikan kepada para
fakir miskin. Ini bukanlah prilaku muslim. Banyak cara bisa kita lakukan
dan halal.

Saya ingin menceritakan pengalaman seseorang dan insya Allah prilaku
tersebut masih dilakukannya hingga saat ini. Orangnya saya rahasiakan, akan
tetapi percayalah bahwa insya Allah, saya tidak berbohong. Insya Allah
juga, kita semua mampu melaksanakannya.

Inilah kiat yang dapat menghilangkan kegelisahan itu:
(1). Sediakan Rekening Tabungan Khusus Amal Pribadi di suatu Bank langganan.
(2). Pernah terima bonus, hadiah, jasa-produksi dan semacamnya ? Jika ya
dan Anda berkenan, adalah baik menyisihkan sebagaian maksimum 20%
daripadanya untuk dimasukkan ke dalam tabungan di atas sebagai "zakat
rikaz" atau sebagai infak atau sebagai sadakah. Jika belum sanggup sebanyak
itu, lebih kecil dari itu juga boleh.
(3). Setiap ada keperluan untuk membantu para Fakir/Miskin atau infak
lainnya, baik mendadak atau  terencana, ambilkan dari dana tabungan amal di
atas.

Insya Allah, dengan tersebut, menurut pengalaman orang yang saya rahasiakan
identitasnya tersebut, kegelisahan yang biasanya terjadi pada orang yang
dimintai sumbangan akan langsung hilang dan teratasi dengan mudah.

MAU MENCOBA BERSAMA SAYA ?

Mohon maaf, insya Allah, ini bukanlah untuk pamer, tetapi ini adalah dalam
rangka mengajak kita semua berbuat nyata dan memberanikan diri untuk
menjadi contohnya. Semoga Allah mengampunkan saya, jika ternyata ada niat
lain terkandung dari kegiatan saya ini selain bahwa hal itu saya lakukan
untuk mengemban misi sebagai "khalifah".

Saya dilahirkan dan dibesarkan di Ranah Minang dan saat ini tinggal dan
mencari nafkah di Aceh, maka ada dua program (untuk kedua daerah yang dekat
dengan saya tersebut) yang sedang saya garap dan memohon uluran bantuan
Saudaraku semua di milis ini, yaitu :

(1). PENGENTASAN KEMISKINAN DI ACEH : setiap enam bulan 1 orang miskin
terentaskan.

Dana saya peroleh dari berbagai sumber. Yang sudah pasti adalah dari "zakat
rikaz atau infak atau sadakah" dari pendapatan halal tidak rutin saya.
Selain itu juga dari "berkeliling membawa kotak amal" kepada teman-teman di
tempat kerja. Ada juga dari usaha khusus untuk itu misalnya "menjual
buku-buku istimewa untuk para muslim" atau produk istimewa lainnya dan
seluruh keuntungannya dimasukkan ke dalam Tabungan Amal Khusus. Tabungan
khusus amal ini juga sering diisi (ditransfer) oleh teman-teman yang
bersimpati.

Dalam 18 bulan terakhir, dari 10(sepuluh) orang yang telah dibantu, 6 orang
di antaranya sudah bisa mandiri dalam waktu dua bulan setelah dibina,
selebihnya modalnya habis tak berbekas. Masih lumayan keberhasilannya
mencapai 60%.

Insya Allah, jika dana mencukupi, programnya dapat diubah menjadi "setiap
tiga bulan 1 orang miskin terentaskan".

Insya Allah, Anda pun dapat ikut berpartisipasi dalam program ini dengan
mendaftar dalam program "referral" di internet yang telah saya sediakan
khusus untuk ini:
(+) Coba klik dan daftar pada alamat ini :
http://www.inboxcash.com/$10/referral.asp?id=261767
Setelah mendaftar dengan gratis dan mengisi formulir yang tersedia, maka
Anda pun akan diberikan ID tersendiri, maka dengan ID ini, ajaklah teman
lainnya. Sebelum Anda klik URL di atas, sebaiknya kunjungi homepage berikut
ini untuk pedomannya : http://www.al-khalifah.com kemudian klik pada opsi :
"Cari Dollar Yang Islami".

(+) atau dapat juga mentransfer dana seikhlasnya ke :

NGATIMIN QQ DESA BINAAN
REK  NO. 037.027313.112
BANK MANDIRI (BDN) LHOKSEUMAWE
ACEH UTARA, DAERAH ISTIMEWA ACEH.

(2). PENGENTASAN KEMISKINAN JEMA'AH SURAU DI SUMBAR : setiap tahun 2 orang
jemaah Surau dientaskan dari kemiskinannya.

Program ini baru mulai pengumpulan dana. Semula program ini adalah khusus
untuk dimintakan partsipasi dari seluruh "anggota milis [EMAIL PROTECTED]",
namun responsnya diperoleh tidak memadai, hanya dua orang saja. Saldo dana
yang ada saat ini adalah Rp.324.000,--.

Tempatnya atau lokasi tujuan program ini bisa di mana saja di Sumatera
Barat. Untuk prioritas dapat diurut sebagai berikut : Pasaman Barat (tempat
kelahiran saya), Solok Selatan (kelahiran isteri saya), Kota Padang (tempat
pondokan kami), dan daerah lain sesuai kebutuhan atau usulan.

Bagi Anda yang ingin berpartisipasi dalam program ini dapat mentransfer
dana seikhlasnya kepada :
NGATIMIN QQ DANA BINA SURAU
REK. NO. 037.028617.116
BANK MANDIRI (BDN) LHOKSEUMAWE
ACEH UTARA, DAERAH ISTIMEWA ACEH.

atau bisa juga dengan dengan mendaftar dalam program "referral" di internet
http://www.inboxcash.com/$10/referral.asp?id=334914
[...]

HARAPAN KEPADA KITA SEMUA

Jika pun tidak ingin berpartisipasi pada program kami di atas karena
sesuatu hal, harapan saya, Anda bersama teman-teman pun dapat membuat
program semacam di lokasi Anda sendiri untuk Saudara kita yang masih fakir
dan miskin di sekitar kita. Apakah ada ide lain ?

Demikian, mohon maaf, semoga Allah mengampunkan dosa-dosa saya, jika dalam
penuturan di mail terdapat hal-hal yang kurang pada tempatnya.

Assalamun alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.
Ngatimin Tjokro Prawiro.

Database keanggotaan RantauNet:
http://www.egroups.com/database/rantaunet?method=addRecord&tbl=1

[email_anda] = isikan alamat email anda tanpa tanda kurung