Kita ikuti berita menyusul:

Senin Ini, Tanah Makam Tan Malaka Disambut Meriah
Senin,27 Februari 2017 - 09:36:59 WIB

LIMAPULUH KOTA—Penghormatan dan menyambut tim delegasi pemulangan jasad
pahlawan revolusi asal Limapuluh Kota, Ibrahim Datuk Tan Malaka, akan
berlangsung hari ini, Senin (26/2) di batas Kabupaten Limapuluh Kota –
Lintau. Rombongan tersebut akan disambut di Alang Laweh, Kecamatan Lareh
Sago Halaban, sekaligus prosesi untuk menuju ke Koto Tinggi, Kecamatan
Gunung Omeh.

Rencananya, akan dilakukan iring-iringan kendaraan rombongan menuju Koto
Tinggi. “Artinya kita melakukan pawai partisipatif dari batas Limapuluh
Kota, diantar ke Pandam Gadang, tanah kelahirannya dan makam terakhir Tan
Malaka, Senin (27/2) dari Alang Laweh,” ujar Pimpinan rombongan Wabup
Ferizal Ridwan, melalui pesan singkat, Minggu sore.

Dikatakannya, di Alang Laweh bakal diatur iring iringan rombongan dalam
menuju Pandam Gadang. Rencananya, rombongan yang berjumlah sekitar 150
orang itu akan berhenti sejenak, untuk menyusun barisan pawai antisipatif.
“Dari Alang Laweh pawai akan diberangkatkan langsung ke Pandam Gadang,”
sebut Ferizal Ridwan.

Seperti diketahui, tim delegasi penjemput jasad Tan Malaka dipimpin
langsung Wakil Bupati Ferizal Ridwan, yang berangkat dari Tanjung Pati,
Kamis (23/2) sekitar pukul 10.00 WIB. Tim yang terdiri dari para tokoh
Sumatera Barat dan masyarakat Limapuluh Kota berangkat menggunakan 8 unit
kendaraan, yang terdiri dari 3 unit bus dan 5 mobil pribadi. Armada
rombongan dibubuhi stiker dan spanduk.

Tim delegasi penjemputan Jasad Tan Malaka resmi menempuh jalur darat dan
menyinggahi beberapa daerah di Pulau Sumatera dan Jawa. Mereka yang ikut
dalam rombongan itu terdiri dari para tokoh ulama, tokoh adat, tokoh
sejarah, unsur pemuda, LSM hingga wartawan. Sebagian bahkan terdiri dari
ibu-ibu berusia di atas 50 tahun. Tak ketinggalan sejumlah pejabat di
kementrian serta beberapa Anggota DPR RI, di antaranya Khatibul Umam Wiranu
(politisi Demokrat-Direktur Eksekutif TMI Pusat), Fadli Zon, Wakil Ketua
DPR RI.

Rombongan yang menempuh jalur darat menuju Kediri, sampai di Lampung
disambut meriah. Prosesi penyambutan tim delegasi berlangsung sakral dalam
balutan seremoni adat. Penyambutan juga diikuti kerapatan Raja-Raja Lampung
serta  Gusti Pangeran Raja Adipati (KGPRA) Arya Djipang II Barik Barlian,
atau Raja Djipang II dari Cepu, Kabupaten Blora. Sejumlah pemangku adat
Kelarasan Bungo Satangkai, yang ikut dalam rombongan bersama para bundo
kanduang, memakai pakaian adat Minangkabau. Disamping pemberian ucapan doa
bagi keselamatan dan pembekalan bagi rombongan tim delegasi, pemerintah
kabupaten Lampung Tengah juga sempat menganugerahi gelar adat, kepada Wabup
Ferizal Ridwan dan sejumlah penghulu.

Gelar kerabat kerajaan dari para Raja Lampung itu bernama Sutan Purnama
Agung. Pemberian gelar ditandai penyematan lencana kerajaan oleh Bupati
Lampung Tengah, Ir Mustafa. Adapun sebagai balasan, pemangku adat Kelarasan
Bungo Satangkai juga menganugerahi gelar Sutan Rajo Mudo kepada Bupati Ir
Mustafa, sebagai bentuk jalinan kekerabatan adat antara Lampung Tengah dan
Limapuluh Kota. "*Alhamdulillah*, banyak berkah di sepanjang perjalanan
kami," tutur salah seorang anggota rombongan, Mai Nanda.

Pada bagian lain dikatakannya, berdasarkan hasil penelitian para ahli
sejarah, diantaranya sejarawan asal Belanda, Harry Poeze, makam Tan Malaka
berada di Desa Selopanggung, Kabupaten Kediri. Sehingga, karena keraguan,
pada 2007 pihak keluarga dan kaum berkeinginan melakukan tes DNA atas jasad
di makam dimaksud, guna memastikan kebenaran atas jasad sang datuk. "Tidak
hanya dari hasil tes DNA, yang mana dari 14 item bagian jasad yang diuji, 9
item dipastikan positif Tan Malaka. Uji lainnya juga sudah dilakukan secara
metafisika dan menyatakan jika makam di lereng Gunung Wilis itu benar Tan
Malaka. Jadi, tidak ada keraguan lagi, bagi pihak keluarga serta ahli
waris,” ulas Ferizal Ridwan. *(h/zkf)*