Quoting Oeban Poetih <[EMAIL PROTECTED]>:

> rekans,
>
> saya baru saja berhasil menginstall gentoo dengan menggunakan 'hanya'
> livecd (install-x86-universal-2004.2.iso) dan yang saya dapatkan adalah
> gentoo tanpa x.
>
> saya ingin menginstall aplikasi-aplikasi x seperti gnome, kde dan
> lain-lain. hanya saya bingung bagaimana konfigurasi di file make.conf-nya.
> saya coba cari di website gentoo dan lainnya kemudian me'ramu'nya sehingga
> menjadi seperti dibawah ini:
>
> CFLAGS="-march=pentium4 -pipe -fomit-frame-pointer -O2"

kalau mau lebih ekstrim lagi, pake -O3 (ganti -O2 jadi -O3)

> CHOST="i686-pc-linux-gnu"
> CXXFLAGS="${CFLAGS}"
> USE="X gtk gnome qt kde alsa cdr"
> GENTOO_MIRRORS="http://ftp.gentoo.or.kr/ http://gentoo.osuosl.org/
> ftp://gentoo.ccccom.com http://gentoo.scphost.com";
> MAKEOPTS="-j2"

kalau yang ini, bukannya utk multi-processor?

> apakah konfigurasi tersebut sudah benar? kemudian bagaimana
> langkah-langkah menginstall aplikasi-aplikasi x? apakah harus x dulu
> kemudian gnome dan lainnya?

nggak perlu dipikirin mana yang lebih dulu, kalau menjalankan emerge gnome,
pasti akan menginstall X-nya juga. itulah enaknya sistem portage, kita tidak
perlu memikirkan dependency yang beribet :D

tapi jangan lupa, emerge sync, lalu ketika akan menginstall aplikasi baru,
menggunakan opsi -P (emerge -P gnome, misalnya) supaya kita tahu aplikasi apa
saja yang akan diinstall.

> untuk mirrornya, apakah ada mirror-nya di indonesia?

setahu saya tidak ada.

Cecep Mahbub