On Mon, 8 Oct 2012 23:21:08 -0700 (PDT)
Indracyd <nus...@yahoo.com> wrote:

> Dear all,
>
> saya mempunya server, yg didalamnya diperuntukan untuk hosting
> kecil2an. Saya ingin mengecek penggunaan bandwidth terbesar dari sekian
> banyak hosting di server tersebut, menggunakan tools apa ya untuk
> melihat bandwidthnya, kalau menggunakan tools mrtg saya hanya melihat
> bandwidth dari interface, apakah ada cara lain ya?

sekedar ide (belum nyoba):
- kalo hosting-nya pake virtualisasi, silahken cek virtual interface
tiap hosting/guest.
- kalo pake chroot, di-mark dulu tiap paket yang dikirim/diterima
terus besar data tiap paket dihitung.
- kalo pake virtual-hosting Apache, beri tanda pada access.log terus
dihitung. bahan bacaan: iproute2, iptables/netfilter, httpd.conf dan
snmp.conf.

--
salam

Yudhi Kusnanto <yu...@akakom.ac.id>
Key fingerprint = 6303 0DF9 5772 E662 0D9C  BAAC 020C F787 35AF 7E9B
Public ID = 0x35AF7E9B