Pola pikir yang menganggap pemimpin itu harus dan bisa melakukan segalanya
adalah pola pikir feodal yang bikin kita gak maju-maju karena selalu
bersikap
pasif.Padahal pemimpin juga manusia .

Ada  perbedaan jelas dari pola pikir seorang aktivis dengan non aktivis ,
yang aktivis minimal dia selalu sigap dalam mengambil keputusan , bisa
mengorganisir sesuatu , menyusun job description , mengatur kepanitaan
dll.

Tapi aktivis pun ada dua aktivis lapangan dan aktivis menara
gading.Perbedaan
mereka dari pola pikir dalam memandang dan menyikapi masalah.Aktivis menara
gading kurang kreatif berpikir karena mereka terkurung dalam kotaknya
sendiri
dan menganggap ada solusi instan akan segala sesuatu.Beda dengan aktivis
lapangan yang menganggap tidak pernah ada solusi untuk apapun karena setiap
satu masalah diselesaikan maka akan ada masalah-masalah lain yang harus juga
diselesaikan akibat penyelesaian masalah itu.Dan aktivis islam rata-rata
adalah
aktivis menara gading.

Ambil contoh kasus satu misal anak jalanan , bagaimana pola aktivis-aktivis
islam mencari solusi buat mereka..? pasti gak jauh dari berusaha bikin panti
asuhan , beasiswa dll , apa ini berhasil , nyaris semua gagal.Apa penyebab
mereka
gagal karena mereka memperlakukan anak jalanan itu sebagai obyek saja.

Sementara NGO-NGO rata-rata mengajukan konsep rumah singgah bagi
anak jalanan.Ini sama sekali bukan solusi yang bisa mengeluarkan anak
jalanan itu dari jalanan, mereka juga tau itu.Tapi dengan keberadaan rumah
singgah itu kontinyuitas pembinaan terhadap mereka bisa terjaga plus bisa
menjamin hak-hak dasar anak jalanan itu misal pendidikan , makan dll .

Asal mula konsep rumah singgah ini yah dari penelitian , penelitian yang
menjadikan anak jalanan itu sebagai subyek , jadi penelitian itu memfokuskan
diri untuk melihat segala sesuatu dari sudut pandang anak jalanan tersebut.
Kesalahan fatal aktivis menara gading itu disini, mereka memandang masalah
anak jalanan itu dari sudut pandang mereka bukan si anak jalanan jadi mereka
berpikir anak jalanan itu dibina seperti membina anak kecil biasa.

Padahal anak jalanan itu beda , mereka menemukan kebahagiannya justru
dari kemerdekaannya.Mo tidur dimanapun , mau makan apapun dll gak
ada yang ngelarang walaupun mereka dieksploitasi oleh orang dewasa.Jadi
kalau kasar kayak memenjarakan binatang liar , yang terjadi kan seringnya
binatang itu malah mati.Itu juga yang terjadi dengan anak jalanan.

Makanya konsep rumah singgah itu dibuat untuk menjembatani keinginan
anak jalanan itu sebagai pribadi merdeka yang gak suka diatur-atur sekaligus
keinginan pihak aktivis untuk bisa membina dan memenuhi hak-hak dasar
mereka sebagai anak-anak.

Ini sama saja dengan penelitian kami mengenai pelacuran di Jawa Barat.
Pelacuran itu dianggap budaya di beberapa daerah di jawa Barat di beberapa
daerah di kab Indramayu misalnya kaderisasi PSK itu terjadi secara kontinyu
dan turun menurun , bahkan ketika mereka masih duduk di bangku SD pun
mereka sudah diajari cara melayani tamu.Makanya PSK asal Indramayu
terkenal di kalangan hidung belang sangat bagus servicenya, sampai-sampai
nyaris semua PSK di Kramat Tunggak misalnya selalu mengaku dari Indramayu,
karena mereka memang sudah dididik dan dilatih dari kecil.

Di Sukabumi juga sama , ce disana seperti yang pernah beberapa kali saya
ceritakan di milis ini , malah bangga kalau dipake oleh pejabat misal pak
carik,
pak camat dll , karena itu meningkatkan harga jual/pasaran mereka.Kalau
pernah dipake pak Camat misalnya co yang mau ngelamar mereka harus kasih
mahar lebih gede, di beberapa daerah Jawa Barat kan terkenal istilah panen
kawin , paceklik cerai , makanya baru umur belasan pun udah ngejanda
beberapa
kali.

Nah budaya yang permisif terhadap praktek prostitusi ini yang kemudian
dipake
turis-turis Arab itu.Plus mereka juga berpengaruh pada pembentukan kultur
budaya
semacam itu , kawin resmi semalem yang prosesi akad nikahnya lengkap ada
wali,
saksi dll lalu besoknya setelah puas tinggal talak adalah praktek yang
dibudayakan
orang-orang Arab itu biasanya cuma buat ngerasain perawan belasan tahun.

Dan untuk merubah budaya semacam ini kalau mengharapkan UU dll emangnya
bisa..? Anda sendiri saya rasa tidak akan mempercayainya.Mental pejabat kita
juga kan udah pada tau cuma suka mendengar yang baik-baik saja.Beberapa
waktu lalu bupati Indramayu memaki-maki LSM yang mengangkat isu pelacuran
Indramayu itu.

Jadi dasar penelitian itu adalah menyusun langkah-langkah strategis untuk
mencari dan meminimalkan praktek budaya semacam itu.Tapi dulu kami
gak berhasil karena keburu perang rebutan jabatan, biasalah ormas Islam.