Bang Wida,

Mungkin yang mbak Chae maksud itu beragama secara sosial.
Beragama dalam dimensi personal memang seperti yang disebut bang Wida.

Akan tetapi perlu disadari bahwa yang diyakini secara personal itu sangat
beragam (lha wong namanya yang gaib kok). Sbg. contoh: "Bismillah" saya pada
hakekatnya mengacu pada bayangan yang berbeda scr. personal dengan
"Bismillah"-nya Bang Wida. Akan tetapi secara kelompok, kita semua mengakui
dan bertoleransi dengan perbedaan itu dengan menganggapnya kira-kira mengacu
pada bayangan yang sama.

Kita tidak mungkin beragama secara sosial dengan mengurusi mengurusi urusan
personal setiap orang yang niscaya berbeda agar menjadi sama, yang mungkin
itu mengurus urusan sosialnya, yaitu moralitas (sosial)-nya.

Dalam kaitan dengan jilbab,
yakin atau tidak yakinnya seorang muslimah bahwa jilbab (harfiah) itu
perintah Allah itu sifatnya personal.Selama hal itu dinisbahkan kepada acuan
yang sama (Al-Quran), secara kelompok sudah seharusnya menganggap kedua
pendapat itu sebagai keniscayaan (sama dengan bismillah di atas...).
Sedangkan secara sosial, yang penting kelakuan orangnya, bukan pakaiannya.

Misalnya:

1. dalam memilih pemimpin, tidak penting apakah orangnya sholatnya pake
qunut atau tidak.
Yang penting apakah memiliki kualitas pemimpin apa tidak.
Yang pake qunut ataupun yang tidak, harus bisa memperlihatkan kualitas ini.

2. dalam memilih karyawati, tidak penting apakah orangnya berjilbab atau
tidak.
Yang penting apakah perempuan itu memiliki kualitas yang pas untuk pekerjaan
itu.
Kualitas di sini secara keseluruhan tentunya, termasuk bagaimana tingkah
lakunya.
Jika yang berjilbab lebih supel, gesit dan cekatan tentu saja yang berjilbab
yang dipilih.
Begitu juga sebaliknya. Yang berjilbab dan yang tak berjilbab semua berhak
dites untuk pekerjaan itu.
Semua berhak untuk dinilai secara proporsional.

3. dalam kegesitan berlari, tidak penting apakah orangnya pake burqa atau
tidak.
Tapi ketika dites lari, yang paling cepat yang diambil untuk tim olimpiade.
Semua berhak dites, termasuk yang pake burqa sekalipun.
Jangan marah jika karena pake burqa lalu larinya lambat lalu tidak dipilih
ke tim olimpiade.
Lalu bilang bahwa ini diskriminasi dlsb.

Salam
Ary