Ya syukurlah kalau nggak ngerasa. Nggak maslah kan?
  Katanya jaman liberal, bebas dong mau nulis apa aja. Tapi satu yang pasti
ghibah memang dosa.
  Kok bisa ya nyebutin yang beda pendapat dengan saya terus saya cap liberal?
Darimana ya? Saya khan cuma counter tulisan yang lain. Terus terang saya kadang
beda pendapat dengan Pak Wida, Abah, tapi karena menurut saya masih dalam
cabang, ya saya ok saja, itu pendapat dia. Tapi kalau sudah maslah yang dah
prinsip, qath'i kok masih diutak dan diatik boleh dong saya menyangkal.
  Ingat ya, walaupun cuma copy paste, tapi semua akan dipertanggungjawabkan di
hadapanNya. Walaupun cuma berpura-pura.

"L.Meilany" <[EMAIL PROTECTED]> menulis:
  Wah...wah Pak Bejo berghibah:-)
Dosa pak itu fitnah.
Liberal, sekuler, toleransi kebablasan menurut pak Bejo itu dasarnya apa????
Jangan2 karena orang2 yg menuliskan pendapatnya beda dengan Pak Bejo dianggap
liberal, sekuler atau
toleransi kebablasan.......?
Kita gak bisa 'menuduh' seseorang itu sebagai liberal dll hanya melihat dari
pendapatnya di tulisan/milis
Flora mengaku fundies dengan dasar berpegang pada Qur'an dan hadits.
Tapi sebagian lagi menganggap yg namanya fundies itu yg suka kekerasan, yg
fanatik, yg merasa benernya sendiri.
Begitu misalnya.

Untuk bisa mencap pribadi seseorang itu apakah fundies, liberal, moderat,
sekuler, bertoleransi kebabalasan tidak sekedar
di lihat dari tulisan, pendapatnya di milis :-))
Di milis kadang2 pendapat seseorang itu hasil kopipaste, hasil browsing,
surfing, ngubek2 file milis2, dari abahnya atau sumber 'katanya', kata tv, kata
koran, kata si anu, kata blog, kata buku, kata siapa.....nggak spontan.
Kalo mau jujur, asli, mencerminkan kepribadian, wawasannya sendiri, way of life
seseorang member, maka :.......
Perlu pendekatan, bersemuka, paling gak bersilaturahim sejam,2 jam, seharian,
berkali-kali ketemu........ :-)

Itulah sebabnya di milis; tulisan/pendapat Pak Bejo sering disikapi/dianggap
bernada bermusuhan, menyinggung perasaan, mencampuri, mengintervensi masalah
pribadi/ sikap member lain yg perasaannya halus selembut sutera india tanpa Pak
Bejo menyadarinya.
Mohon maaf. [Diimbuhi 'lah' juga mungkin bisa.]

salam :-)
l.meilany