Bang Wida,

Jadi kita sepakat kan bahwa ada perhiasan yang boleh ditampakkan.
Bahwa ada sebagian muslim yang mengacu secara harfiah dengan pelaksanaan di
zaman Nabi sayakira-sah-sah saja. Begitu pula sahnya pendapat sebagian
muslim yang lain yang melaksanakannya sesuai dengan konteks zaman ini dengan
mengambil semanagatnya.

Jika kita tarik masalah berpakaian sopan dari persoalan etika/moral menjadi
bagian persoalan hukum formal,
"kepastian hukum"membuat PERLU adanya untuk membuat garis tegas.
Ini terjadi pada pada semua kasus hukum, spt. klasifikasi pencurian,
pembunuhan dll.

Padahal dalam hal berpakaian, TIDAK ADA keharusan untuk membuat formal,
batasan2 itu sebetulnya.
Akibat mengharuskan untuk membuat formal batasan itulah yang membuat pusing
sendiri...
Kasus sapi betina-nya kaum Yahudi jaman Nabi Musa....
Sbg. ilustrasi banyak ayat yang bicara dg. nada-nada ..."jangan
berlebih-lebihan, melampaui batas"...
Apakah kita harus membuat TEGAS dan JELAS semua "batas-batas" itu?

Jelas akan aneh jika hal itu kita lakukan.
Batasan makan yang tidak boleh sampai kenyang?  bagaimana jika 300, 400,
500, ... gram?
Supaya aman: makan chips saja 20 gram, pasti nggak kenyang....jadi sesuai
dengan sunnah nabi :-))

bagi saya "yang biasa tampak" di situlah tanda universalitas Islam-nya.
Di mana-mana, disetiap bentuk masyarakat, selalu ada batas kesopanan.
Batas kesopanan ini berevolusi terus.
Islam menekankan pentingnya hal itu ada.
Apakah bisa dengan jilbab? Ya bisa-bisa saja...tapi juga bisa dengan tanpa
jilbab.

Salam
Ary