Betul Bang Wida, bahwa Sato menyangkalnya.
Tapi apa sesederhana itu kesimpulannya?
Bagaimana kita menegaskan hal itu, ketika Bang Wida juga sadar bahwa Anda
tidak paham betul soal heterogenitas Kristen.

Tuh, ada yang yakin bahwa Yahjul Mahjuj itu orang Turki, sipit.
Tapi apa langsung bilang hal itu jawaban tuntas umat Islam ttg persoalan
itu.
Lha wong yang punya penjelasan lebih abstrak juga banyak.

Kita terima saja penjelasan itu sbg. salah satu surat Sato ;-) ehmmm....
Kalau mau Kita surati balik dengan cerita balik ttg Isa menurut
kita...sudah...selesai...

Secara umum, buat yang menanggapi tanggapan Sato :
Katakanlah Kristen itu homogen semuanya berpendapat spt. Sato.
Lalu apa urusannya kita mengomentari?
Lha wong Nabi saja kalo nggak ditanya pendapatnya ttg itu, nggak komentar
kok...

Ayo lah kita semua kembali ke Al-Quran...
Kita dilarang mengolok-olok yang lain...
salah satunya karena bisa jadi alasan bagi yang lain untuk mengolok-olok
Allah...

Salam
Ary