On 2/20/07, asetijadi2004 <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Salam Ustadz Sabri,
>
>  berarti keamanan berbanding lurus dengan ketidakpopuleran, ya?
>  Semakin tinggi pohon, semakin kuat anginnya.
>  ;-))
>
>  Saya jadi ingat,
>  dulu ketika die harder linux kalo bicara windows pasti yang
>  dibicarakan kelemahan windows yang sepertinya jadi kelemahan permanen
>  dari windows, yaitu: arsitektur, resource management, virus.
>
>  IMHO, sekarang kayaknya argumennya mulai rontok tuh,
>
>  1. Linux yang baik dan populer itu linux yang jadi parasit karena
> [...]

Kang Ary,
Justru itu salah satu yang dikhawatirkan, paling tidak oleh komunitas
ubuntu dan linux pada umumnya. Munculnya kaum fundamentalis (die
harder). Pernah ada satu admin dari perusahaan di bilangan sudirman,
saking frustasinya dia memigrasi user dari win ke lin, dia taruh
'virus' di server, akibatnya banyak user win di jaringan tersebut yg
'klenger' atau minimal terganggu. Admin ini sudah mendapatkan
peringatan dari komunitas. Azas kami TIDAK ADA PAKSAAN DALAM BER-OS
:=)

Pernah secara pribadi saya dimintain pendapat tentang desktop; jelas
win XP adalah desktop paling handal, user friendly dan kaya pendukun.
kelemahannya cuma satu : MAHAL ! kemahalannya ditambah dengan
'kwajiban' menginstall anti-virus, win box tanpa anti-virus sungguh
perbuatan 'nekad'.

keunggulan linux dalam soal virus, adalah karena arsitekturnya, juga
user linux tidak pernah log-in sebagai root; yg bikin pusing pembuat
virus adalah PLURALITAS Distro Linux, ini keunggulan sekaligus
kelemahan. keunggulan pembuat virus bingung mau bikin virus dengan
arsitektur apa di saat yang sama produsen hard-ware mumet kalo harus
menyediakan 'driver' versi linux. Kalo disediakan satu versi, versi
lain akan komplain.

Ubuntu memang menjadi NUMBER ONE distro dalam waktu singkat karena
dukungan canonical dengan limpahan dana :=) tapi ingat induk ubuntu :
debian sepenuhnya dibangun oleh komunitas.

soal resource tergantung 'pilihan' user, anda mau linux yg bisa jalan
hanya dengan flash disk 250 MB, ada, mau yg rakus kayak KDE disiapkan
:=) komputer gaek pentium I pun masih bisa digunakan dengan 'nyaman'.

bagi saya linux seperti islam; banyak tafsir dengan kernel yg sama,
distro boleh beda, tapi kernel tetap linux :=) Saat ini hampir semua
yg bisa jalan di win ada di linux; pdf printer-pun sudah tersedia
dengan mudah dan gratis.

konon microsoft sudah mau ngalah dengan universal document format;
khususnya untuk produk office-suite, karena desakan open-office yg
sangat signifikan. kalo ms office 'ngotot' dengan formatnya, bakal
banyak ditinggalkan pengguna. Microsoft tidak diam, mereka menggunakan
sumber daya finansial yg besar untuk memberli banyak linux company dan
menutupnya atau dijadikan microsoft lab. Dan kalo anda amati saat ini,
banyak sekali produsen laptop menyediakan laptop tanpa OS dengan
selisih harga berkisar antara 1.5 - 2 juta rupiah.

saya percaya bila Islam memaksakan gaya 'tafsir' tunggal ala
microsoft, akan runtuh dengan sendirinya kerna menyalahi sunatuLlah.
Pengembangan islam sebaiknya mengikuti gempita distro linux. Banyak
distro dengan satu kernal.

ST SABRI

No Anti Microsoft, No against Apple, Just a linux lover.

Kirim email ke