hu..hu...jadi sedih membacanya....semoga bu anne tabah ya dalam menghadapi cobaan
ini.....

-----Original Message-----
From: Silverbell [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Friday, July 16, 2004 12:13 PM
To: [EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED]
Subject: [balita-anda] MethylMalonic Acidemia

-----Original Message-----
From: Anne Sianipar
Sent: Tuesday, July 13, 2004 9:06 AM

  Ini pengalaman teman yang sedang sangat berduka tetapi sangat tabah
menghadapinya. Semoga bermanfaat...

  Terimakasih buat doanya....
  Segitu juga Alhamdulillah kita masih sempet ngumpul ama si kecil sebulan
dirumah bisa mandiin...ngajak maen dll, dan sebulan lebih di Rumah Sakit
  tapi kagak bisa ngapa-ngapain cuma bisa usap-usap aja sebab si kecil di
ICU dan dalam inkubator.

  Buat teman-teman...saya mau cerita mengenai sakitnya anak saya
ini....mudah2an sih ada manfaatnya...
  Gejala awal sakit anak saya itu adalah nafasnya agak berat jadi kalo
nyusuin suka tersedak sebab balapan antara minum sama nafas. Jadinya dia
jadi
  males minum dan akibatnya dia jadi dehidrasi (bisa keliatan dari kulitnya
dan ubun-ubun agak cekung). Udah 5 kali saya bawa anak saya ke dokter ( 2
kali ke dokter anak, 2 kali ke profesor sub spesialis syaraf, 1 kali ke THT)
hasilnya dokter anak bilang itu biasa karena penyesuaian, yang profesor
bilang tracheomalacia, yang THT kagak tau apa-apa.

  Terakhir saya bawa ke dokter anak yang laen (ahli gizi), dan begitu dia
periksa anak saya harus segera dirawat malam itu juga. Akhirnya anak saya
dirawat di RSAB Harapan Kita. Selama 2 minggu pertama dokter2 disana (tim
perinatologi 7 orang) udah nyerah. Kecurigaan mereka adalah gangguan
  metabolik. Akhirnya sampel urine dan darah anak saya di kirim ke Jepang
karena di Indonesia belum ada alat untuk mendeteksi gangguan metabolik.
  Selama menunggu hasil, saya cari artikel2 di internet dan saya cari yang
sesuai dengan gejala sakit anak saya yaitu kesulitan bernafas, suka muntah,
  otot-otot lemas, berat badan yang cenderung turun, dan terkadang kejang.

  Akhirnya saya dapatin artikelnya yaitu MethylMalonic Acidemia. Saya pun
cari artikel-artikel anak-anak yang pernah sakit tersebut dan penanganannya.
Akhirnya saya kasiin ke dokter artikel tersebut, tapi yang sangat
mengecewakan adalah dokter-dokter itu tidak antusias untuk mencoba bahkan
mereka bingung. Terus terang kasus sakit anak saya ini sangat langka dan
dokter-dokter itu belum pernah menangani. Akhirnya saya minta second opinion
ke dokter-dokter di luar RSAB Harapan Kita yaitu dokter-dokter RSIA Hermina
Jatinegara. Disitu saya konsultasi dengan dokter Damayanti ahli gizi dan
dokter Bambang Trijaya ahli hormon. Untuk dapat konsultasi itu pun anak saya
di bawa pake ambulance dan di dalam inkubator serta tidak ketinggalan
oksigen, begitu sampe juga sudah seperti tontonan.

  Kesimpulan mereka adalah gangguan metabolik kelompok Organic Acidemia tapi
belum tahu MethylMalonic atau Propionic. Akhirnya seminggu kemudian hasil
dari Jepang datang, isinya anak saya menderita MethylMalonic Acidemia, yaitu
ketidakmampuan tubuh dalam menyerap protein (threonine,methionine,isoleucine
dan valine). Jadi untuk susunya pun khusus yang tidak mengandung ke 4 unsur
protein tersebut dan susu itu hanya ada di Inggris. Akhirnya saya  mengimpor
susu tersebut lewat distributornya di Singapore, total harganya termasuk bea
masuk adalah sekitar 6 juta lebih untuk 8 kaleng seberat 400 gr. Susunya
juga baru bisa keterima 1 minggu setelah kita order. Jadi selama itu, anak
saya makin memburuk
  kondisinya seperti hydrochepalus (karena ada pendarahan yang menyumbat
cairan otak) dan ada pendarahan di lambung, paru-paru, mata dan yang
terakhir adalah di otak. Akhirnya anak saya pun meninggal dan hanya sempat
  minum susu itu sebanyak 6 sendok takaran saja.

  Jadi buat teman-teman, hati-hati kalo liat anak-anak dengan gejala yang
saya sebutkan di atas. Segera bawa ke dokter dan jangan percaya hanya pada
satu dokter saja.

  Demikian teman-teman, sorry kalo kebanyakan ceritanya, tapi mudah2an ada
manfaatnya.

This communication is for use by the intended recipient and contains
information that may be privileged, confidential or copyrighted under
applicable law.  If you are not the intended recipient, you are hereby
formally notified that any use, copying or distribution of this e-mail,
in whole or in part, is strictly prohibited.  Please notify the sender
by return e-mail and delete this e-mail from your system.  Unless
explicitly and conspicuously designated as "E-Contract Intended",
this e-mail does not constitute a contract offer, a contract amendment,
or an acceptance of a contract offer.  This e-mail does not constitute
a consent to the use of sender's contact information for direct marketing
purposes or for transfers of data to third parties.

 Francais Deutsch Italiano  Espanol  Portugues  Japanese  Chinese  Korean

            http://www.DuPont.com/corp/email_disclaimer.html