Toxoplasma...
satu parasit yg paling disebelin sekarang ini ya! Terutama oleh ibu-ibu.
Memang, bergaul dg anjing kucing pun tdk selalu kitanya kena parasit ini
kok! Saya sendiri, penyayang binatang... ngga' cuman anjing kucing, dari
ayam sampai kelinci, bahkan kura2 pun ada di rumah (di Jakarta lho... di
sini ga' punya apa2 selain ikan mas!), dari kecil kelon sama anjing...
alhamdulilah lolos test TORCH.

Penularan Toxoplasmosis (T.gondii) dari hewan peliharaan berasal dr
fecesnya. Mis. kalau kita bersihkan kotoran hewan itu, terus tangan kita
kurang bersih cucinya... trus makan nah, masuklah ke tubuh kita.
Selain itu penularan jg melalui tanah, mis. kalau kita do gardening, di
tanah itu ada bekas feces hewan yg kena toxo, bisa juga kan kita kena.
Juga, kalau masak daging, terutama daging kambing (di Indonesia, banyak
kasus Toxoplasmosis dijumpai di kambing/domba sebagai perantara hidup
parasit ini). Hati2 yg doyan sate kambing tuh, make sure, dagingnya benar2
matang.
Apalagi ya... sayuran juga mungkin menularkan. Kan sayuran ditanam di
tanah, kalau tanahnya infected, kita cuci ngga' bersih, apalagi kalau
sayur lalapan... wiiih, ngga' dimasak... nah ati2 juga yg doyan lalapan.
Cuci sayur betul2 bersih ya!

Untuk yg sdh telanjur hamil, dan baru tahu kalau terkena Toxoplasmosis,
sepertinya sdh banyak pengobatan yg bisa dilakukan sekarang ini. (Ingat
pengalaman Pak Taufan). Bayinya pun bisa lahir sehat.

Saran saya... SEBELUM hamil, periksa TORCH dulu deh! Ngga' papa mahal
dikit, drpd klu sdh telanjur hamil, lebih mahal lagi pengobatannya. Ya,
kan?

rgds,
Quinike