hmmm...

No.1 data hanya dilihat dan tidak diinput
No.3 yang dilakukan user hanya memilih outline number saja dan angka di
cell yang terlihat hanya ada angkanya

Coba begini :
1. disebuah cells bantu diberi formula =Now()
    lalu di atur format number custom diisi ;;; (3 bijik titik koma).
    letak cells bantu dalam sheet output tersebut adalah bebas alias dimana
saja.
    Kalau ingin lebih nyaman, jangan di area yang dikenai outline dan bila
perlu di-hide kolom atau barisnya.
2. semua event milik worksheet tersebut, yang bukan event calculate, diberi
tambahan baris kode :
      > di baris pertama setelah baris deklarasi variabel di setiap
prosedur event
         application.enableevents=false
      > di baris terakhir sebelum end sub di setiap prosedur event
         application.enableevents=true
3. di event calculate milik si worksheet, diisi baris kode berikut :
       Asumsi :
       a. nama object dari worksheet bernama 'Sheet1' (di preview, tab
sheet nya bertuliskan begitu) adalah Sheet1 (biasanya, sheet pertama yang
masih ori peletakannya, akan diberi object name Sheet1) -> sesuaikan dengan
keadaan setempat
       b. kolom kuncinya adalah kolom C, misal range c1:c17 (di preview,
data terakhir di c16, lalu dilewatkan 1) -> sesuaikan dengan keadaan
setempat.
       c. kriteria yang di-hide adalah yang blank cells dan bukan yang
berisi nullstring alias hasil "" di formula
           if activesheet.name=sheet1.name then  'yang dikalkulasi adalah
sheet yang aktif [sesuaikan dengan keadaan setempat]
               on error resume next    'abaikan error
               application.enableevents=false    'turnoff responsif excel
terhadap suatu tindakan

range("c1:c17").specialcells(xlcelltypeblanks).entirerow.hidden=true
'hide yang sesuai kriteria
               application.enableevents=true     'turnon responsif excel
terhadap suatu tindakan
               err.clear             'hapus error
               on error goto 0   'kembalikan trap error ke default setting
nya
            endif

Selamat mencoba.

Wassalamu'alaikum wr wb

[...]