oh gitu....

moga-moga masih semangat mengutak atik ya...

sudah pernah kenal datatype di cells Excel ? Kalau belum kenal, jalan-jalan
kesini
<http://excel-mr-kid.blogspot.co.id/2015/03/datatype-dalam-sebuah-cells.html>
yang gak pake nanya-nanya.

jadi, sampai disini, bisa diasumsikan sudah tahu tentang datatype di cells
excel ya...
coba diutak atik lagi yuk... sekalian praktek untuk mendapatkan keuntungan
memahami tipe data di cells Excel.
1. kolom C pakai formula semua kan ya (kecuali header nya kali ya)
    > yang cells isi nama-nama, pastikan hasil formulanya bisa menghasilkan
2 tipe data, yaitu kalau *ada nilainya di sumber data, maka ambil nilai
numerik* (langsung ke sumber datanya). Kalau *di sumber data tidak ada, isi
dengan nilai bertipe text*.
       Contoh : misal ambil dari sheet 'myData' dengan formula yang
puanjang ribet bikin mumet dan excel jadi lemot :
              =if( *formula_panjang_ambil_data* ="" , *""* ,
*formula_panjang_ambil_data* )

    > yang cells isi kata-kata kelas itu sepertinya sum-suman yang putih di
atasnya deh. Maka biarkan saja di sum begitu saja, ndak usah pakai sumif
apalagi ififan. Pokoke sum aja. Jadi, yang *kata-kata kelas ini akan pasti
menghasilkan tipe numerik*.

    > yang cells isi rata-rata juga diisi formula sum-sum an saja. Jadi
yang *rata-rata ini juga bertipe numerik*.

   Sampai disini, yang kolom F mestinya dah bisa dihapus

2. menyesuaikan kode VBA.
    > ke VBE -> double click object sheet output tersebut -> ke blok
prosedur event calculate nya -> lihat baris yang bunyinya begini :
             range("c1:c17").specialcells(*xlcelltypeblanks*
).entirerow.hidden=true
        *** perhatikan yang di-merah (warnanya sama dengan yang nomor 1 kan
ya...)
       yang dimerah ini diganti bunyinya jadi begini :
            *xlcelltypeformulas , xltextvalues*
       jadi : special cells yang isinya formula menghasilkan nilai berupa
text

      gampang kan ya.... dah selesai... ya gak ?

         ya tentu saja belum selesai, karena header nya adalah bertipe
text...
         jadi, setelah baris :
                     range("c1:c17").specialcells(*xlcelltypeblanks*
).entirerow.hidden=true
         berubah menjadi :
                     range("c1:c17").specialcells(*xlcelltypeformulas,
xltextvalues*).entirerow.hidden=true
         maka sekarang area range nya jangan menyertakan baris header,
karena headernya bertipe text.
        Berarti mulainya bukan di C1 tapi di C2. Akhirnya, si baris tadi
menjadi :
                     range("c*2*:c17").specialcells(*xlcelltypeformulas,
xltextvalues*).entirerow.hidden=true

3. sekarang boleh di-save

Sepertinya begitu deh...
Kalau ada yang kliru, silakan diutak atik sampe jadi akik yik...

  • [belajar-... imam cahyo yuwono chy...@yahoo.com [belajar-excel]
    • [bel... 'Dede Sulaeman' pmaho_l...@pinusmerahabadi.co.id [belajar-excel]
[...]
      • ... hendrik karnadi hendrikkarn...@yahoo.com [belajar-excel]
        • ... 'Dede Sulaeman' pmaho_l...@pinusmerahabadi.co.id [belajar-excel]