From: Johnny Anwar <[EMAIL PROTECTED]>
To: Envorum <[EMAIL PROTECTED]>,        Berita Lingkungan
<[EMAIL PROTECTED]>
Subject: [envorum] Menggagas pelaku pembangunan
Date: Sat, 21 Oct 2000 09:31:51 +0800

Salam jumpa,

Dalam suatu diskusi lepas dengan pejabat dari beberapa departemen; saya
terpana melihat sikap dan prilaku birokrat yang ada saat ini. Terkesan
bahwa untuk menduduki suatu jabatan harus memiliki gelar S2 dan S3 (dari
manapun diperoleh dihalalkan), sehingga suatu hal yang wajar apabila
bangsa kita terpuruk dengan berbagai krisis, apalagi kepentingan
individu yang lebih mengemuka. Rupanya pendidikan lebih lanjut merupakan
alat untuk mencari jabatan bukan untuk kemaslahatan dan kesejahteraan
masyarakat yang lebih luas. Dan celakanya krisis ini telah melanda
seluruh lapisan kelembagaan eksekutif.
Sehingga saya mengusulkan sebaiknya pelaku pembangunan yang semacam itu
perlu dilikuidasi; diganti dengan orang-orang yang mampu berbuat bagi
kepentingan kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat yang lebih luas
(yang berjargon masyarakat madani). Saya berkeyakinan tulisan ini akan
mendapat argumen dari yang berada dalam lingkaran itu, tapi tidak
masalah karena dari situ saya bisa melihat kepicikan serta penyakit AIDS
yang mereka derita dan tidak perlu berkomentar lebih jauh.
Mengingat jaman membuat forum; saya ingin mengajak rekan-rekan diluar
lingkaran itu untuk membuat forum untuk menegakkan kebenaran ilmu
sebagai mana layaknya sebagai suatu obyek forma; bila mana banyak yang
berminat secara kasus perkasus obyek materi dibahas, seperti yang
ditulis dalam British Standard 3138 (1969) sebagai: "A systematic
recording and critical examination of the factors and resources involved
in existing and proposed ways of doing work, as a means of, developing
and applying easier and more effective methods .......".
Saya mengusulkan hal ini dengan maksud demi terciptanya masyarakat
madani berdasarkan kaidah-kaidah keilmuan yang bukan karena jabatan.

Salam,