Hallo rekan-rekan,

Saya baru saja kembali dari Yogya untuk sebuah pertemuan JPL (Jaringan
Pendidikan Lingkungan) untuk kurang lebih seminggu. Selama disana, saya
mendapat kesulitan untuk akses internet dari lokasi pertemuan. Jadi, selama
itu saya tidak dapat mengikuti perbincangan di milis ini.

Diacara tersebut, saya bertemu muka dengan Sdr. Priyo, yang konon adalah
anggota milis Envorum ini. Inilah pertama kalinya saya bertemu muka dengan
anggota milis ini yang notabene belum kenal sebelumnya (sejumlah besar
anggota milis ini pernah bertemu muka terlebih dahulu sebelum mereka menjadi
anggota milis).

Saat bertemu rekan Priyo tersebut, terpikir untuk mengadakan perkenalan
dengan seluruh anggota milis ini mengenai siapa, dimana, dan apa bidang
ahlinya.

Tetapi, saya terperanjat, ketika membuka email siang ini. Rupanya, ada
sebuah kejadian yang diluar keinginan saya sebagai moderator. Celakanya, itu
terjadi saat saya tidak memiliki akses ke milis ini.

Untuk itu, saya mohon maaf bila Rekan Jhony Anwar tidak mendapat informasi
ataupun mitra diskusi yang cukup memadai melalui milis ini. Namun untuk
selanjutnya, saya ingin sekali dapat mengenal lebih banyak mengenai anggota
milis ini dengan harapan saya dapat mengalirkan ataupun mengundang siapa
diantara rekan-rekan yang lebih dekat dengan penguasaan bidangnya.

Memang bukan jaminan bahwa rekan-rekan di milis ini akan mendapatkan
tanggapan yang memadai, tetapi setidaknya telah ada usaha lebih, untuk
memperoleh tanggapan.

Untuk itu, saya ingin memperkenalkan diri saya terlebih dahulu, dan
mudah-mudahan diikuti oleh rekan-rekan lainnya.

Bidang yang saya tekuni sehari-hari adalah bidang komputer dan internet.
Namun sejak lebih dari sepuluh tahun lalu, saya mengaplikasikannya di bidang
lingkungan hidup. Mulai dari penyusunan SIKLUS (Sistem Informasi
Kependudukan dan Lingkungan hidUp naSional) di Kantor Menklh saat itu,
hingga program-program komputer untuk penilaian Prokasih dan BPR (business
proper rating di Bapedal). Selepas dari kantor pemerintah, saya berkarya di
LSM, LEAD Indonesia, sebuah program pelatihan lingkungan hidup dibawah
naungan Yayasan Pembangunan Berkelanjutan dan LEAD International. Salah satu
karya terakhir, saya menggagas dan membuat program TerraNet, portal
lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan di situs
http://www.terranet.or.id.

Demikian perkenalan saya. Bila ada usulan-usulan lain berkaitan dengan milis
envorum ini, saya dengan senang hati ingin membacanya.

Salam,
Eriyawan
TerraNet LEAD Indonesia
Portal Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan Indonesia
http://www.terranet.or.id