upss... maaf saya juga bukan "pantur silaban mainded".. cuman waktu kemarin baca tulisan ttg pantur silaban kok mnrt saya menarik.
saya juga gak ngerti tuh soal publikasi beliau... cuman heran juga tiap temen yg menggeluti fisika kok ngerti juga nama "pantur silaban"....

andre.

Suharyo Sumowidagdo <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Lepas dari apa yang dikatakan sdr. david, memang benar bahwa data dari
SPIRES menunjukkan fakta yang menyedihkan dan tidak menyenangkan ini,

SPIRES, bagi yang belum tahu, adalah database dari perpustakaan di
laboratorium fisika partikel di Stanford University, Stanford Linear
Accelerator Center, yang semenjak tahun 1970-an mengumpulkan bibliografi
penerbitan di bidang fisika partikel, kosmologi, gravitasi, astrofisika
dan lain sebagainya.

Untuk yang ingin mengecek sendiri, silakan click ke

www.slac.stanford.edu/spires/hep
www-spires.fnal.gov/spires/hep

lalu ketik perintah ini

FIND CC INDONESIA

(mencari publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh fisikawan yang
berafiliasi dengan institusi ilmiah di Indonesia).

untuk mencari nama pengarang

FIND AUTHOR XXXXX (XXXXX adalah nama belakang pengarang)

untuk mencari berdasarkan institusi

FIND AFF XXXXX (XXXXX adalah nama institusi, dari Indonesia saya cuma
tahu 2 yang sering saya cek, yakni INDONESIA U. dan BANDUNG INST. TECH.)

dan lihat bagaimana distribusi kontribusi ilmiah dari Indonesia yang
tercatat di SPIRES, dan lebih penting lagi, dari institusi ilmiah yang
mana di Indonesia ada kontribusi.

Kalau mau mengecek juga bidang astronomi, cek ke

http://adsabs.harvard.edu/abstract_service.html

Sayangnya di sini tidak ada fasilitas pencarian seperti SPIRES yang
mencari berdasarkan affiliasi atau negara.  Namun anda bisa ketik
beberapa nama astronom Indonesia dan lihat sendiri bagaimana
publikasinya.  Pribadi, saya pas mencobanya kaget sekaligus sedih.

Okay, that's all.  Saya nggak mau ngomong lebih jauh, nanti dituduh
menjelek2an orang.  Saya sudah tahu fakta2 ini semenjak saya di
Indonesia dan sering mencari2 dengan SPIRES.

Kalau ada yang merasa tersinggung, terutama adik2 yang masih kuliah,
lebih baik kita sama2 berusaha meningkatkan penelitian dan kerja kita di
bidang fisika sehingga ada lebih banyak publikasi dari Indonesia.  Yang
sudah lalu biarkan lalu.

- haryo

                     <[EMAIL PROTECTED]>