Ini untuk meluruskan persepsi yang salah tentang publikasi ilmiah.

Publikasi ilmiah itu BUKAN untuk gagah2an atau sombong.  Tidak
mempublikasikan karya ilmiah yang layak publikasi dengan sengaja itu
BUKAN sesuatu yang baik, justru sebaliknya sesuatu yang sangat buruk.
Intinya: publikasikan semua karya yang dianggap layak publikasi.
Kalaupun ragu2, maka coba saja, tokh ada referee/editor yang akan
menilai karya anda.

Publikasi ilmiah itu adalah TANGGUNG JAWAB dan KEWAJIBAN seorang ilmuwan
untuk menyebarluaskan pengetahuan baru.  Bukan sifat ilmuwan untuk
bersikap bak pendekar dunia persilatan yang menyembunyikan kitab rahasia
berisi jurus pamungkas.  Dana penelitian datang dari masyarakat, dan
adalah tanggung jawab ilmuwan kepada masyarakat untuk menunjukkan hasil
dari dana penelitian berupa publikasi.

On Wed, 13 Apr 2005, Filipus Aron wrote:

> Tapi menurut saya tidak bisa kita pikir seperti begitu
> saja. Mungkin saja pak silaban tidak pernah
> mempublikasikan percobaannya melalui paper di atas.
> Setiap orang bukanlah mengejar hal yang sama dalam
> hidup ini. Ada orang-orang yang akan membuat paper
> dari hasil percobaannya kemudian dia mempublikasikan
> ke semua orang tapi tidak semua orang begitu. Ada juga
> tipe orang yang dengan rendah hati tidak mau
> mempublikasikannya. Kesenangan pada orang ini bukan
> untuk menjadi terkenal tapi karena dia senang
> bermain-main dengan fisika itu sendiri.

What would our lives be like without music, dance, and theater?
Donate or volunteer in the arts today at Network for Good!
http://us.click.yahoo.com/TzSHvD/SOnJAA/79vVAA/UIYolB/TM