Ini slogan yang dijual dimana2 terutama music.

Fokusnya practice makes perfect itu berada di practice nya bukan perfect nya.

Gak ada yg perfect. Mozart, beethoven dll itu tidak perfect. Mereka bisa
menjadi virtuoso pada jamannya.

Ada cerita ttg Beethoven yg miskin dan bego waktu kecilnya di abused bapaknya
yg alcoholic, pada umur 17 pergi perform ke Vienna pertama kali buat Mozart.
Mozart sangat kagum sama Beethoven. Lalu bbrp tahun kemudian beethoven pindah
kevienna belajar sama Haydn jagoannya symphony. Beethoven gak cocok sama haydn.
Mereka berdua frustrasi dan gak suka satu sama lain.

Semakin tinggi talentnya semakin susah belajarnya. Jadi practice makes perfect
itu hanya slogan saja utk bikin anak2 belajar lebih giat.

Tetapi suatu saat accomplishmentnya akan mandek krn talent nya kurang.

Begitu juga sebaliknya, orang yg punya bakat kalau tidak practice tidak akan
berkembang bakatnya itu.

Banyak bakat diindonesia yg bisa main music tanpa belajar. Otodidak istilah
kerennya diindonesia.

Saya pernah tahu ada seorang tionghoa Indonesia yg gak pernah belajar music
tapi bisa main organ, gitar bas, gitar melodi, drum, harmonica, trumpet dan
bagus lagi mainnya. Itu bakat. Tetapi sampai pada waktu tertentu bakat itu
mandek krn tanpa belajar bakat itu tidak berkembang.

Concertmasternya new York symphony frank huang itu pernah bilang ke saya waktu
dihouston: saya dulu paling tidak suka practice. Ibunya adalah seorang guru
biola suka paksa2 dia practice. Dia dulu adalah concertmasternya Houston
symphony dan pindah bbrp tahun yl ke newyork dapet tawaran dari konduktor alan
gilbert yg ada darah jepangnya yg jadi konduktor belum lama ini di new York
philharmonic.

Orang yg punya bakat itu ada waktu dan cara sendiri practice. Gak bisa dipaksa.
Music itu ada di otak kanan yg jalannya tidak sama dgn otak kiri. Makanya
orang2 yg bertangan kidal itu rada aneh bagi orang2 yg “normal bertangan kanan”.

Jadi gak usahlah dipaksa2 anak itu. Bisa stress. Iming2: music bisa bikin
pinter itu hanya slogan dari orang tua saja yg pengin anak2nya masuk ivy
league. Ini yg dipaksakan oleh Asian tiger mom di USA kepada anak2nya dengan
tujuan hanya 1: masuk ivy league. Jadi tujuannya itu bukan belajar musiknya
tetapi mau masuk ivy league universities nya.

Nesare