Pak Koesoema, terima kasih dengan pertanyaannya. Dan
izinkan saya memberikan sedikit penjelasan mengenai
hal tersebut.

Apabila kita melihat dari kacamata geologi, memang
istilah "rusak", dan juga "bencana alam", itu tidak
ada.
Istilah tersebut muncul setelah kita melihat dari
kacamata kepentingan manusia. Dengan kacamata ini, dan
ini dipakai dalam hal pengelolan wilayah pesisir,
erosi dan sedimentasi bisa dipandang sebagai hal yang
merusak dan menguntungkan.
Apabila kedua proses alam itu bersinggungan dengan
kepentingan manusia dan dipandang merugikan, maka
dipandang sebagai hal yang merusak atau merugikan.
Sebagai contoh sedimentasi. Dari sudut pandang
pertambahan lahan, dipandang positif, tetapi dari
sudut pandang perubahan ekosistem dipandang merusak
(biasanya dilihat oleh pecinta lingkungan).
Erosi juga serupa. Hal itu tidak pernah
dipermasalahkan selama tidak mengangkut kepentingan
manusia secara langsung. Bila mengenai kepentingan
manusia, seperti kehilangan lahan pertanian, kerusakan
daerah pemukiman, kerusakan daerah wisata, merusak
keindahan (biasanya pantai pasir yang landai yang
dipandang indah untuk kepentingan wisata), maka proses
erosi dipandang sebagai merusak.

Salam,
WBS

--- "R.P.Koesoemadinata" <[EMAIL PROTECTED]>