Pengetahuan geologist soal cutting bukan soal mampu tak mampu, ini hanya
kesempatan saja dan jam terbang.
Siapa saja bisa mendiskripsi cutting kalau dilatih dan dikasi kesempatan,
di Geoservice Balikpapan kebanyakan logger mereka hanya tamatan STM
pertambangan dan SMA, dulu pernah juga ketemu WSG Stanvac yg hanya STM
Pertambangan, kemampuannya juga lengkap seperti yg ditawarkan Mas Thoha Shofiyuddin di
bawah ini. Seorang WSG yg berpengalaman di reservoir
sandstone akan gagap juga kalau diskripsi limestone cutting, bgitu juga
sebaliknya. WSG yg terbiasa kerja dengan cutting menggunakan Mud drilling
OBM..pasti kelimpungan juga kalau jumpa Oil show di cutting WBM, perlu
penyesuaian dulu. Wajar saja Professor Geologi "agak melenceng" diskripsi
cutting, karena Prof. -nya asyiik menulis kali, baca literatur baru..atau
sibuk seminar dan ngurusin administratif. Development Geologist bangkokan
kantoran disuruh ke rig pasti gagap lagi awalnya, perlu penyesuaian
..apalagi tuntutan pekerjaan WSG sekarang beda dengan era 70, 80,90-an,
tiap company lain pula style-nya..ada yg masih fanatik ngirim WSG sejak
starting drilling, ada yg hanya untuk logging, atau hanya  ngirim WSG
kalau sudah masuk net pay zone saja. Itulah pentingnya sertifikasi menurut
saya, seorang WSG harus diuji berdasarkan keprofesiannya, dev.geologist
juga, dan keprofesian Geologi lainnya.

OK TAUFIK,
DKS/OPG/WSG
PHONE: 3327
EMAIL: [EMAIL PROTECTED]
off.room: OFF 116

"Thoha, Shofiyuddin" <[EMAIL PROTECTED]>
11/06/03 08:08 AM
Please respond to iagi-net