Barangkali ada yang bisa bantu masalah saya.

Saya lagi mencoba menghitung besarnya secondary porosity di carbonat dengan
menggunakan pendekatan harga cementation factor (m).

Saya coba menggunakan beberapa pendekatan persamaan di beberapa publikasi
seperti persamaan Secondary Porosity Index, Nugent (1984), Nurmi, Rasmus,
quadratic dan laen sebagainya. Dari seluruh persamaan yang ada, semuanya
menyebutkan bahwa Porositas yang dihasilkan oleh SONIC selalu lebih rendah
dari Total Porosity yang dihasilkan dari perhitungan Density dan Neutron.
Nah yang dipunyai di lapangan saya ini kebalikannya, yaitu POROSITY SONIC
selalu lebih tinggi dari TOTAL POROSITY (dari Density Neutron)
nya.  Akhirnya saya tidak bisa menggunakan beberapa persamaan diatas untuk
menentukan berapa besarnya m dan berapa besarnya porsi secondary porosity
dari sistem.

Dari persamaan yang ada, hanya Nugent yang bisa diterapkan karena tidak
mempunyai factor pengurangan Total Porosity dengan Sonic Porosity.

Seandainya memang benar SONIC POROSITY lebih besar dari TOTAL POROSITY (DN),
apakah saya bisa berargumanetasi bahwa SONIC tool ini bisa membaca lebih
detil porosity laen  yang tidak terbaca oleh Density dan Neutron?

Apakah selisih antara SONIC Porosity dan Total Porosity adalah secondary
porosity (vuggy)? kalo iya, berarti bertentangan dengan semua asumsi yang
ada di publikasi.

Thanks sebelumnya untuk yang mau berbagi ilmu.

Salam

Shofi

Kirim email ke