From: Franciscus B Sinartio [mailto:fbsinar...@yahoo.com]
Sent: Wednesday, March 24, 2010 3:27 PM
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: [iagi-net-l] Day rate

Herman,
saya kira harus dimasukkan dua hal lagi untuk membedakannya yaitu regionnya dan
range waktu saat diambil datanya.
survey2 yang dilakukan sudah sering meng-akomodasikan regionnya tetapi tidak
memasukkan kapan data ini diambil.
Penting diingat bahwa pada saat demand tenaga kerja lebih besar daripada
supply.  nilai ini sangat skewed. tidak memperlihatkan distribusi normal jadi
tidak bisa diketahui rata2 sebenarnya.  akan ada sekelompok orang menjadi
sangat mahal.

yang juga harus diperhatikan waktu membandingkan adalah fasilitas hidup yang
didapatkan.  maksudnya fasilitas hidup yang essential, misalnya perumahan,
kendaraan, dan bahkan makan.
kalau bisa essential facilities kayak gini dibedakan, karena bisa mengacaukan
statistik.  contoh di angola sini, uang sewa rumah sekitar 20K USD sebulan, ini
rumah yang biasa2 saja dengan 3 kamar tidur dan dua kamar mandi, dengan
fasilitas sederhana.  Kalau suatu kerjaan di outsource maka daily ratenya harus
dinaikkin sebesar 20K/30 = 667 USD per hari.  Ini hanya untuk menutupi ongkos
sewa rumah.
di Angola perusahaan yang meng outsource nya rata2 membayar 2500 - 5000 usd
perhari ke perusahaan yang memberikan jasa nya.
jadi race bukan lah faktor dominan yang membedakan daily rate dalam hal ini.
Kalau kerjaannya di outsource kan langsung ke orangnya maka daily rate orang
tsb. akan sangat tinggi.

hal2 yang berikut ini adalah hal2 yang sudah sering dipakai dalam survey2,
yaitu.

1. hal lain yang sering mengacaukan statistik karena mendapatkan nilai ekstrim
adalah credibility dan network. Contoh misalnya kalau orang sekaliber Bob
Mitchum "disewa" oleh perusahaan minyak untuk mengerjakan seismic stratigraphy
maka mungkin harganya bisa melebihi usd 5000 sehari nett.
dan bukan hanya orang yang terkenal diseluruh dunia saja yang bisa mendapatkan
rate tinggi.  sering ada orang yang tidak terlalu terkenal tetapi bisa
mendapatkan day rate tinggi karena pengetahuan dan skill nya pass dengan
kebutuhan perusahaan dan pas dengan kondisi geology daerah yang harus
dikerjakan.  atau pass pernah mengerjakan daerah tsb.

2. hal lain, national vs. expat rate, yang ini tdk perlu diterangkan lagi,
pasti beda sekali ratenya.   saya kira yang Herman maksud adalah daily rate
expat.

3. jam terbang juga bisa membedakan daily rate nya.

saya tidak tahu apakah keterangan diatas akan membantu atau tidak, tetapi ini
hanya sekedar input kalau mau mengadakan survey lalu memberikan analisa dari
datanya.

fbs