Sedikit berbagi pengalaman saat kuliah sekitar tahun 2001-02.

Saat itu kami dari beberapa himpunan mahasiswa mencoba memperkenalkan
prodi kami masing-masing di SMA-SMA negeri di Bandung kepada calon
mahasiswa yang saat itu dinilai masih bingung memilih jurusan dalam
UM/SMPTN. Dalam kesempatan yang sama, guru-guru geografi juga berusaha
mendapatkan informasi tambahan terkait ilmu kebumian yang saat itu kami
jawab semampu kami.

Seingat saya, ada dua hal yang cukup menggelitik dalam diskusi dengan
guru-guru geografi saat itu:

Pertama, materi pelajaran geografi SMA (seingat saya yang SMP juga)
didominasi oleh ilmu demografi (kependudukan) sementara bobot ilmu
kebumian relatif kecil.

Kedua, mata pelajaran geografi SMA saat itu memang diajarkan dari kelas
1 hingga kelas 3, namun tidak semua siswa mendapatkannya selama di
bangku SMA. Mata pelajaran geografi didapatkan oleh seluruh siswa kelas
1 dan 2, namun di kelas 3, hanya jurusan IPS saja yang menerima mata
pelajaran tersebut, sementara siswa kelas 3 yang mengambil jurusan IPA
tidak mendapatknanya dan lebih berkutat pada basic sciences seperti
matematika, fisika, kimia dan biologi.
Saya dengar, saat ini penjurusan IPA/IPS/Bahasa untuk SMA dimulai di
kelas 2, sama seperti tahun 80-90an. Jika memang seperti itu, mungkin
mata pelajaran geografi hanya didapat oleh siswa kelas 1 dan kelas 2/3
IPS saja, sementara kelas 2/3 IPA tidak mendapatkannya.

Jika dihubungkan dengan Olimpiade Kebumian seperti diberitakan Kompas
dibawah, mungkin perwakilan dari kita didominasi oleh siswa SMA jurusan
IPA yang notabene tidak mendapatkan pelajaran geografi se-intensif
rekannya di jurusan IPS.

Wacana yang menarik dan terima kasih atas ruang menulisnya :)

Salam,
= YB =