Pak Irwan, Pak Danny, hatur nuhun diskusinya.

Seperti yang saya harapkan, semoga bencana gempa Tohoku Jepang ini, meskipun
tetap sebagai bencana yang merenggut ribuan korban dan merusak banyak fasilitas
dan harta benda manusia, dan bahkan juga memberikan efek berantai berupa
radiasi radioaktif, tetap dapat memberikan pemahaman yang lebih baik lagi bagi
para ahli gempa untuk menganalisis gempa2 subduksi yang belum sepenuhnya
dipahami para ahli itu, demi kepentingan prediksi meskipun masih jauh dari
sempurna.

Khusus penerapan ke Jawa, saya sangat setuju dengan seruan Pak Andang bahwa
Jawa pun kini perlu mendapatkan porsi riset kegempaan yang sama dengan Sumatra
karena Jawa juga menghdapi posisi frontal terhadap subduksi kerak samudera
Hindia, banyaknya sesar-sesar yang masih aktif, dan terlebih lagi penduduknya
banyak. Semoga Pak Danny dan Pak Irwan yang terlibat langsung dengan masalah
kegempaan bisa mengingat hal ini untuk ke arah realisasi.

Kiranya untuk Jawa, selain jaringan GPS yang cukup rapat, kita pun perlu
melibatkan P wave mantle tomography untuk memahami masalah kelandaian,
kecuraman, gap dari slab yang masuk ke bawah Jawa seperti didiskusikan Pak
Danny untuk kasus gempa Tohoku. Slab yang masuk ke bawah Jawa bervariasi
umurnya dari sekitar 100 Ma di sebelah selatan Jawa Barat sampai 140 Ma di
sebelah selatan Jawa Timur (Hayes, 1978). Tentu ini akan punya pengaruh kepada
karakteristik sudut tekukan Wadati-Benioff zone pada konvergensi lempeng, yang
nantinya sedikit banyak akan berpengaruh kepada kegempaan.

Jawa juga dari mantle tomography punya low dip of slab sampai kedalaman 100 km,
lalu steep dip of slab dari kedalaman 100-600 km. Barangkali ini akan punya
karakteristik tersendiri untuk subduction earthquakes. Kejadian oceanic
plateaux seperti Roo Rise yang kini ditemukan banyak tersebar di atas kerak
samudera Hindia tidak menutup kemungkinan bahwa dulu pun begitu (the present is
the key to the past). Oceanic plateaux ini tentu merupakan buoyant object yang
sulit tersubduksi karena density-nya yang relatif lebih ringan daripada
sekelilingnya. Saat konvergensi terjadi, oceanic plateaux yang sulit masuk ke
dalam zona subduksi ini barangkali akan membuat coupling yang signifikan pada
interface subduction yang pada saatnya akan menyebabkan akumulasi gaya yang
sangat besar yang bila tak tertahankan lagi lalu akan menimbulkan gempa dengan
magnitude yang signifikan juga (> 8 M).

Mantle tomography juga memperlihatkan pola slab di bawah Jawa yang tidak mulus,
tetapi di beberapa tempat mengalami break-off, sehingga membuat penampilan
kehadiran beberapa slab windows. Beberapa ahli (misalnya Hall, 2010) memikirkan
bahwa slab break-off atau windows ini akibat buoyant oceanic plateaux tadi yang
tidak mau masuk ke dalam zona subduksi, dan telah menggunakan mekanisme ini
sebagai penjelasan bahwa kita punya beberapa gunungapi potassic dan
ultra-potassic di utara Jawa seperti Muria dan Ringgit Beser. Tetapi saya lebih
yakin bahwa gunungapi2 ini mendapatkan karakternya yang keluar dari karakter
dominan calk-alkaline di tengah Jawa karena terjadi oleh sesar besar di area
back-arc volcanism, jadi bukan subduction-related volcanism.

Dari sebaran episentrum di selatan Jawa, juga nampak cukup signifikan suatu
area sepi seismik (seismic gap zone) yang kebetulan berada di sebelah selatan
sesar mendatar dextral yang cukup signifikan dan kelihatannya aktif bergerak,
yaitu Sesar Pamanukan-Cilacap. Seismic gap zone bukankah area potensial untuk
terjadi gempa signifikan pada masa mendatang. Barangkali perhatian perlu dibagi
juga ke area ini, di samping sesar-sesar regional lainnya yang kita tahu juga
aktif seperti Sesar Cimandiri dan Sesar Lembang.

Salam.
Awang