lho mungkin justru ini sebabnya kenapa explorasi Oil dan gas jalannya LEMOT
ini mungkin disebabkan krn fiscal TERM untuk Oil and gas kurang ciamik
dibanding Coal, Oil and gas exploration itu jauh lebih high Risk dari coal,
tapi kok bisa insentivenya tidak sebagus Coal

Kalau orang Indonesia jadi kaya kan mestinya seneng kok malah cureng toh,
quo vadis bro, apa translation untuk orang Indonesia itu harus miskin.
Kalau scientist lihat coal harusnya lihat historynya dong, tahun 1990 coal
tidak di lirik orang, lha kita harus bersukur sekarang coal sudah masuk
penghasilan Negara, duit lari ke warga negara Indonesia atau lari ke GOI
kan sama saja toh, kalau iklim investasi di Indonesia baik (artinya ga
berubah rubah setiap saat) duit yg di dpt orang Indonesia dari coal itu
tidak akan terbang ke luar Indonesia, tapi kalau pejabat negara mikir, ini
royalty kurang gede dsbnya, bukannya malah nanti terjadi efek yg sebaliknya.

Hati-hatilah bikin statement, iklim yg sudah baek ini sebaiknya di
pelihara, nanti kalau SUPLY melebihi DEMAND maka harga otomatis turun, dg
demand masyarakat modern yg low POLUTION minded (green house effect), maka
down the road coal akan di pakai di kawasan yg sangat terbatas, sebagai
contoh the biggest coal user / buyer cuma China dan India. Kalau Cina dan
India ga beli lagi tentu akan terjadi over supply dari coal. Selanjutnya
harga turun, shg margin-nya jadi sangat kecil kalau ini terjadi semua
tambang langsung tutup, apa itu bukan bencana, belum sosial efek dari para
miner yg dirumahkan dan efek domino yg lain.

China sekarang makin strict dg usage coalnya, misal kal diatas 6000 yg
dipakai, dg demikian sebetulnya pasar coal sangat terbatas, Nah harapannya
PLN nih ambil ancang2 untuk memakai coal dg kalori rendah 3500-4000, tapi
siap ngga, nah mestinya itu juga yg di pikirkan jajaran ESDM

Mohon maaf sekedar urun rembug

Avi 0666