Wah tambah rumit juga: Mngkin Pak Yudi bisa menjelaskan:

Negara yang punya MINERAL RIGHT: ownership of the mineral in the ground (in
situ), ok ini ditentukan oleh UUD-45

Pemerintah yang punya MINING RIGHT: The right to bring the mineral to surface.
Lembaga Negara yang mana yang berhak mendelegasikan kuasa Pertambangan/Mineral
Right ini ke Pemerntah? MPR-kah? DPR-kah lewat UU?

BUMN yang punya ECONOMIC RIGHT:  (‘right’ apa yang dimaksud?). Dalam bentuk
izin yang diberikan pemerintah. Mengapa dalam bentuk ‘izin’?. Bukankah
pemerintah yang membentuk BMUN dengan tugas tertentu, mengapa harus diberi
izin, seolah-olah BUMN harus minta izin? Mungkin lebih elegant disebut  BMUN
diberi tugas mengelola

KKS (Kontrak Kerja Sama?) yang punya ‘righ’t apa atau’ izin’ apa? Barangkali BU
atau BUT dapat izin untuk ikut mengelola berdasarkan KKS dengan BUMN-K?

Pertamina apakah masih dalam bentuk PT? Bagaimana Pertamina masih dapat
melakukan KSO (PT Pertamina EP), atau Farn-in dan Farm-out (PT Pertanina Hulu,
PHE?)

Wassalam

RPK