Bro Eko, saya sepakat 1000%

Saya saksi hidup bagaimana belasan "tokoh" dan "pejuang" hak buruh
mendobrak masuk pabrik, membawa pentungan dan memaksa karyawan bubar.
Pabrik kami kecil saja, tetapi kebetulan padat karya jadi karyawan
kami mendekati 1000 orang. Mulai September 2012 kami dihantam harga
gas alam yang naik luar biasa hingga 170%, kini kena kenaikan UMK
hingga 44 %, dan harus naik 11% lagi untuk ikut UMS (upah minimum
sektoral). Bayangkan, kami bersaing keras dengan China, bahkan selisih
harga 2%-3% saja, order bisa lepas. Akhirnya kami menyerah, Mulai
Desember 2012 kita akan lepas 80% karyawan, order yang tersisa kita
lego ke China.

Hopeless banget. Sepertinya seluruh permasalahan bangsa ini hendak
ditimpakan ke pundak pengusaha. Padahal lemahnya daya beli kan dialami
seluruh rakyat, ngga cuman pekerja pabrik. Mestinya ada porsi
pemerintah yang harus menjamin tersedianya infrastruktur yg
murah/memadai, perumahan yang terjangkau, swasembada pangan dll.

Saya respek dan mendukung upaya demokratisasi dan perjuangan
mendapatkan hak. Namun kalau ditempuh dengan cara cara kekerasan dan
anti demokrasi maka apa yang dicapai sebenarnya semu dan kontra
produktif.

-bp.

2012/11/28 Eko apakah lantas mereka berhak memaksa buruh di
> [...]
> Galaxy Note 2 Best Deal Rp. 6,499rb hanya di Multiply.com!

sent from gMail.