halo mas slamet riyanto... aku coba bantu yach. kalo mo ke kawah ijen bisa dari bondowoso maupun dari banyuwangi. kalo dari arah surabaya maupun dari bali, rute yang paling enak adalah dari banyuwangi. gambarannya, kalo mo dari bondowoso sedangkan mas dari arah surabaya, mas akan berhenti di jember setelah itu naik bis ke bondowoso stay disana. belum lagi perjalanan ke kawah ijennya. kalo dari bali maupun surabaya jelas paling enak dari banyuwangi. di banyuwangi untuk ke ijen, dari stasiun karangasem, kita bisa jalan kaki / naik len (angkot) jurusan sasak perot (Rp. 2000-3000) dari sasak perot naik angkot jurusan jambu (sekitar Rp. 10.000). nah dari jambu baru kita bisa trekking ke paltuding (gate mo ke kawah) melewati kebun kopi, cengkeh dan akhirnya masuk ke hutan tropis yang lebat. waktu yang dibutuhkan sekitar 3-5 jam tergantung cepat langkah. kalo males jalan, kita bisa nunggu truck belerang (biasa truck kososng) dari arah jambu ke paltuding. berangkatnya biasanya pagi jam 8 dan siang hari sekitar jam 12 keatas (2x dalam 1 hari). waktu perjalanan hanya sekitar 30-60 menit aja. sebenarnya numpang truck pengangkut belerang itu gratis, tapi yach sebagai uang rokok/bensin lah kita biasanya ngasih rupiah beberapa. kalo ga salah sih dimintai sekitar 2000-3000 doank. yach tergantung kita mo ngasih brapa kalo mo kasih lebih. oh ja perlu diperhatikan bahwa truck sekarang tidak berangkat-pulang tiap hari. ga seperti dulu lagi. sekarang mah, cuman 2 hari sekali. tapi tiap hari 2x berangkat-pulang yach. dari paltuding kita bisa nginap disitu mendirikan tenda tapi ada kamar dan (1) vila yang disewain petugas. per kamar kalo ga salah rp 75.000 kalo vila, waduh lupa. ga pernah sih. pokoknya harganya sekitar 100.000 keatas gitu. mereka menyebutnya vila tapi sebenarnya cuman rumah dari bambu yang ga' special sama sekali, cuman ia terdiri dari beberapa room. oh ja, di paltuding kalo malam jam 10 keatas, genset akan dimatiin. tapi kalo ada yang sewa villa biasanya dimatiin subuh aj. asli ga akan bisa tidur pulas disana. malam berasa panjang sekali. kalo mo liat sunrise, kita bisa berangkat sekitar jam 2-3 subuh. perjlanan trekkingnya memelurkan waktu kurang lebih 2 jam. jangan lupa bawa senter, coz medan agak licin. di tengah jalan sebelah kanan akan ada pemandangan yang bagus dari kota bondowoso/situbondo kalo ga salah. oh ja, di tengah-tengah perjalan juga akan ada pondok bunder disana kalo mo melepas lelah. disana ada warung yang menjual makanan dan minuman juga beberapa gubuk para penambang belerang. kalo menurutku pondok bunder itu sebagai pembatas medan. karna setelah melewati pondok bunder, medan tidak terlalu berat seperti sebelumnya. lebih landai. dan tekstur tanahnya pun berbeda. bila kita udah ada di puncak kawah ijen kita bisa jalan ke kanan untuk melihat gunung merapi, sedangkan sebelah kiri dapat melihat bendungan. sebenarnya ada akses ke bendungan di tengah jalan dari paltuding ke kawah (kalo dari paltuding sebelum pondok bunder), namun jalan menuju ke bendungan rawan longsor. mending kalo ga pernah dengan hal-hal kyk gini jangan jalan sendirian. aku aja cuman sekali ke bndungan, ma anak PA yang udah paham ma daerah itu. kalo udahan nongkrong di puncak kawah ijen, pulang berasa lebih cepat.1-1.5 jam udah nyampek ke paltuding lagi. kalo beruntung ibu yang ada di warung pojok akan buka (biasanya cuman akhir pekan aja). ibuya ramah (bu im). tapi ada juga warung deket office. cowoknya lumayan asyik, rasta style (bisa diminta jadi guide). tapi bagi temen-temen harganya sedikit lebih mahal. jadi lebih suka ke ibu warung pojok. suami bu im (pak im) bisa dimintai sebagai guide kok. kasih aja rp 50.000, beliau udah mau. sebenarnya pak im ga mematok harga. cuman ngasih segitu udah cukup kok. kalo pulang ke bwi lagi. rute masih sama dan alternatifnya bisa naik truck itu lagi. dan naik angkot yang sama seperti awal berangkat.
met mengunjungi ijen. Salam Leah ps. kalo perlu bantuan, hubungi aku aj lewat japri. dieng ga bisa jawab karna belum pernah kesana sebelumnya. --- Pada Kam, 18/9/08, riyanto <[EMAIL PROTECTED]> menulis: Dari: riyanto <[EMAIL PROTECTED]> Topik: [indobackpacker] Tanya Kawah Ijen dan dataran Tinggi Dieng Kepada: [email protected] Tanggal: Kamis, 18 September, 2008, 3:47 PM saya mau trip nich bis lebaran tapi belum tahu mau kemana,,, rencana nya masih seputaran jawa,,,, pengen sich ke kawah ijen ato dataran tinggi dieng Bolehkah sayo mohon bantuan info tentang Ijen dan Dieng? makasih seblumnya. Salam.... Sincerelly Yours Slamet Riyanto Ym : ri_yantocool@ yahoo.com FS : riyantocool99@ yahoo.co. uk FB : [EMAIL PROTECTED] com ------------ --------- --------- --------- --------- --------- - Flexi - Gratis bicara sepanjang waktu se-Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta ------------ --------- --------- --------- --------- --------- - Speedy Gratis internetan unlimited dari pkl. 20.00 s/d 08.00 se-Jabodetabek, Banten, Karawang dan Purwakarta ------------ --------- --------- --------- --------- --------- - Nikmati akses TelkomNet Instan Week End Net hanya Rp 1.000/jam. Berlaku untuk Sabtu-Minggu, khusus Jawa Tengah dan DIY s/d 31 Desember 2008 ------------ --------- --------- --------- --------- --------- - Speedy Paket Merdeka 2008, hanya Rp 99ribu sudah mendapatkan modem dan registrasi, diskon abonemen 50% 3 bulan pertama (tidak termasuk Speedy Warnet). Berlaku khusus Jawa Tengah dan DIY s/d 30 September 2008 ------------ --------- --------- --------- --------- --------- - Dapatkan Free Modem + Free Biaya Aktivasi Untuk Pemasangan Internet Speedy Di Kandatel Makassar S/D 30-08-208, Hub.147 atau modemgratis@ plasa.com ------------ --------- --------- --------- --------- --------- - ___________________________________________________________________________ Dapatkan alamat Email baru Anda! Dapatkan nama yang selalu Anda inginkan sebelum diambil orang lain! http://mail.promotions.yahoo.com/newdomains/id/ [Non-text portions of this message have been removed]
