halo mas slamet riyanto...
aku coba bantu yach. kalo mo ke kawah ijen bisa dari bondowoso maupun dari 
banyuwangi. kalo dari arah surabaya maupun dari bali, rute yang paling enak 
adalah dari banyuwangi. gambarannya, kalo mo dari bondowoso sedangkan mas dari 
arah surabaya, mas akan berhenti di jember setelah itu naik bis ke bondowoso 
stay disana. belum lagi perjalanan ke kawah ijennya. kalo dari bali maupun 
surabaya jelas paling enak dari banyuwangi. di banyuwangi untuk ke ijen, dari 
stasiun karangasem, kita bisa jalan kaki / naik len (angkot) jurusan sasak 
perot (Rp. 2000-3000) dari sasak perot naik angkot jurusan jambu (sekitar Rp. 
10.000). nah dari jambu baru kita bisa trekking ke paltuding (gate mo ke kawah) 
melewati kebun kopi, cengkeh dan akhirnya masuk ke hutan tropis yang lebat. 
waktu yang dibutuhkan sekitar 3-5 jam tergantung cepat langkah. kalo males 
jalan, kita bisa nunggu truck belerang (biasa truck kososng) dari arah  jambu 
ke paltuding. berangkatnya biasanya pagi jam
 8 dan siang hari sekitar jam 12 keatas (2x dalam 1 hari). waktu perjalanan 
hanya sekitar 30-60 menit aja. sebenarnya numpang truck pengangkut belerang itu 
gratis, tapi yach sebagai uang rokok/bensin lah kita biasanya ngasih rupiah 
beberapa. kalo ga salah sih  dimintai sekitar 2000-3000 doank. yach tergantung 
kita mo ngasih brapa kalo mo kasih lebih.  oh ja perlu diperhatikan bahwa truck 
sekarang tidak berangkat-pulang tiap hari. ga seperti dulu lagi. sekarang mah, 
cuman 2 hari sekali. tapi tiap hari 2x berangkat-pulang yach.
dari paltuding kita bisa nginap disitu mendirikan tenda tapi ada kamar dan (1) 
vila yang disewain petugas. per kamar kalo ga salah rp 75.000 kalo vila, waduh 
lupa. ga pernah sih. pokoknya harganya sekitar 100.000 keatas gitu. mereka 
menyebutnya vila tapi sebenarnya cuman rumah dari bambu yang ga' special sama 
sekali, cuman ia terdiri dari beberapa room. oh ja, di paltuding kalo malam jam 
10 keatas, genset akan dimatiin. tapi kalo ada yang sewa villa biasanya 
dimatiin subuh aj. asli ga akan bisa tidur pulas disana. malam berasa panjang 
sekali.
kalo mo liat sunrise, kita bisa berangkat sekitar jam 2-3 subuh. perjlanan 
trekkingnya memelurkan waktu kurang lebih 2 jam. jangan lupa bawa senter, coz 
medan agak licin. di tengah jalan sebelah kanan akan ada pemandangan yang bagus 
dari kota bondowoso/situbondo kalo ga salah. oh ja, di tengah-tengah perjalan 
juga akan ada pondok bunder disana kalo mo melepas lelah. disana ada warung 
yang menjual makanan dan minuman juga beberapa gubuk para penambang belerang. 
kalo menurutku pondok bunder itu sebagai pembatas medan. karna setelah melewati 
pondok bunder, medan tidak terlalu berat seperti sebelumnya. lebih landai. dan 
tekstur tanahnya pun berbeda.
bila kita udah ada di puncak kawah ijen kita bisa jalan ke kanan untuk melihat 
gunung merapi, sedangkan sebelah kiri dapat melihat bendungan. sebenarnya ada 
akses ke bendungan di tengah jalan dari paltuding ke kawah (kalo dari paltuding 
sebelum pondok bunder), namun jalan menuju ke bendungan rawan longsor. mending 
kalo ga pernah dengan hal-hal kyk gini jangan jalan sendirian. aku aja cuman 
sekali ke bndungan, ma anak PA yang udah paham ma daerah itu.
kalo udahan nongkrong di puncak kawah ijen, pulang berasa lebih cepat.1-1.5 jam 
udah nyampek ke paltuding lagi. kalo beruntung ibu yang ada di warung pojok 
akan buka (biasanya cuman akhir pekan aja). ibuya ramah (bu im). tapi ada juga 
warung deket office. cowoknya lumayan asyik, rasta style (bisa diminta jadi 
guide). tapi bagi temen-temen harganya sedikit lebih mahal. jadi lebih suka ke 
ibu warung pojok. suami bu im (pak im) bisa dimintai sebagai guide kok. kasih 
aja rp 50.000, beliau udah mau. sebenarnya pak im ga mematok harga. cuman 
ngasih segitu udah cukup kok. kalo pulang ke bwi lagi. rute masih sama dan 
alternatifnya bisa naik truck itu lagi. dan naik angkot yang sama seperti awal 
berangkat.


met mengunjungi ijen.


Salam Leah


ps. kalo perlu bantuan, hubungi aku aj lewat japri. dieng ga bisa jawab karna 
belum pernah kesana sebelumnya.







--- Pada Kam, 18/9/08, riyanto <[EMAIL PROTECTED]> menulis:
Dari: riyanto <[EMAIL PROTECTED]>
Topik: [indobackpacker] Tanya Kawah Ijen dan dataran Tinggi Dieng
Kepada: [email protected]
Tanggal: Kamis, 18 September, 2008, 3:47 PM










    
            saya mau trip nich bis lebaran tapi belum tahu mau 

kemana,,,



rencana nya masih seputaran jawa,,,,



pengen sich ke kawah ijen ato dataran tinggi dieng



Bolehkah sayo mohon bantuan info tentang Ijen dan Dieng?



makasih seblumnya.



Salam....



Sincerelly Yours



Slamet Riyanto

Ym : ri_yantocool@ yahoo.com

FS  : riyantocool99@ yahoo.co. uk

FB  : [EMAIL PROTECTED] com

------------ --------- --------- --------- --------- --------- -



Flexi - Gratis bicara sepanjang waktu se-Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta



------------ --------- --------- --------- --------- --------- -



Speedy Gratis internetan unlimited dari pkl. 20.00 s/d 08.00 se-Jabodetabek, 
Banten, Karawang dan Purwakarta



------------ --------- --------- --------- --------- --------- -



Nikmati akses TelkomNet Instan Week End Net hanya Rp 1.000/jam. Berlaku untuk 
Sabtu-Minggu, khusus Jawa Tengah dan DIY s/d 31 Desember 2008



------------ --------- --------- --------- --------- --------- -



Speedy Paket Merdeka 2008, hanya Rp 99ribu sudah mendapatkan modem dan 
registrasi, diskon abonemen 50% 3 bulan pertama (tidak termasuk Speedy Warnet). 
Berlaku khusus Jawa Tengah dan DIY s/d 30 September 2008



------------ --------- --------- --------- --------- --------- -



Dapatkan Free Modem + Free Biaya Aktivasi Untuk Pemasangan Internet Speedy Di 
Kandatel Makassar S/D 30-08-208, Hub.147 atau modemgratis@ plasa.com



------------ --------- --------- --------- --------- --------- -


      

    
    
        
         
        
        








        


        
        


      
___________________________________________________________________________
Dapatkan alamat Email baru Anda!
Dapatkan nama yang selalu Anda inginkan sebelum diambil orang lain!
http://mail.promotions.yahoo.com/newdomains/id/

[Non-text portions of this message have been removed]

Kirim email ke