Informasi yang anda butuhkan informasi yang seperti apa ya?
Barangkali ini bisa membantu.
Kedua tempat ini sama-sama indah. Keduanya merupakan obyek wisata pegunungan
yang berada pada ketinggian di atas 2.000 m (Ijen 2.300an m). Dieng berada di
daerah Wonosobo, sedangkan Kawah Ijen di deket Banyuwangi. Akses ke Dieng bisa
dicapai melalui wonosobo, ngadirejo temanggung, dan batur, sedangkan akses ke
Kawah Ijen bisa dicapai melalui sempol dan banyuwangi.
Menurut saya Dieng lebih mudah diakses karena angkutan umum maupun ojek
tersedia sampai sore, sedangkan pintu masuk kawah ijen (Paltuding) sulit sekali
aksesnya (kecuali anda menggunakan kendaraan pribadi). Angkutan yang ke
Paltuding lebih mengandalkan ojek atau truk belerang. Sewaktu pulang dari Kawah
Ijen 2 bulan yang lalu, untuk mendapatkan ojek pun kemarin saya kesulitan dan
akhirnya harus menunggu truk belerang yang katanya sehari cuman 2 kali, pagi
dan sore.
Penginapan di Dieng lebih banyak dibandingkan Paltuding (kawah Ijen), begitu
juga dengan penduduknya. Di paltuding,hampir-hampir tidak ada penduduk yang
tinggal di situ keculai penjaga warung dan patugas retribusi. Jadi kesannya
benar-benar terpencil. Lain halnya dengan di Dieng, banyak rumah-rumah,
losmen-losmen, dan penjual-penjual makanan.
Obyek yang bisa dikunjungi lebih banyak kalau kita ke Dieng daripada ke Kawah
Ijen, tetapi tidak berarti bahwa Dieng lebih indah. Mereka sama-sama indah dan
mempunyai ciri khas masing-masing. Dibandingkan Kawah Ijen, obyek wisata di
dieng lebih banyak dan beragam. Lokasi obyek wisata di Dieng relatif dekat
dengan parkir mobil, sedangkan di Kawah Ijen lokasinya jauh. Paling tidak kita
harus mendaki 2-4 jam baru sampai kawah dan danau ijen. Untuk ukuran saya,
medannya lumayan berat kalau ke kawah ijen. Dan satu lagi, view paling bagus
kawah ijen adalah pagi hari saat matahari terbit, jadi disarankan kita
berangkatnya dini hari (jam 03.00 atau 04.00). Kalau berangkatnya kesiangan,
arah asap menuju ke jalur yang dilewati dan sangat mengganggu pernafasan, di
samping itu kalau terlalu siang biasanya danau ijen tertutup kabut.
Mudah-mudahan bermanfaat. Selamat berlibur lebaran.
Pendaki Lemot
riyanto <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
saya mau trip nich bis lebaran tapi belum tahu mau
kemana,,,
rencana nya masih seputaran jawa,,,,
pengen sich ke kawah ijen ato dataran tinggi dieng
Bolehkah sayo mohon bantuan info tentang Ijen dan Dieng?
makasih seblumnya.
Salam....
Sincerelly Yours
Slamet Riyanto
Ym : [EMAIL PROTECTED]
FS : [EMAIL PROTECTED]
FB : [EMAIL PROTECTED]
----------------------------------------------------------
Flexi - Gratis bicara sepanjang waktu se-Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta
----------------------------------------------------------
Speedy Gratis internetan unlimited dari pkl. 20.00 s/d 08.00 se-Jabodetabek,
Banten, Karawang dan Purwakarta
----------------------------------------------------------
Nikmati akses TelkomNet Instan Week End Net hanya Rp 1.000/jam. Berlaku untuk
Sabtu-Minggu, khusus Jawa Tengah dan DIY s/d 31 Desember 2008
----------------------------------------------------------
Speedy Paket Merdeka 2008, hanya Rp 99ribu sudah mendapatkan modem dan
registrasi, diskon abonemen 50% 3 bulan pertama (tidak termasuk Speedy Warnet).
Berlaku khusus Jawa Tengah dan DIY s/d 30 September 2008
----------------------------------------------------------
Dapatkan Free Modem + Free Biaya Aktivasi Untuk Pemasangan Internet Speedy Di
Kandatel Makassar S/D 30-08-208, Hub.147 atau [EMAIL PROTECTED]
----------------------------------------------------------
---------------------------------
Nama baru untuk Anda!
Dapatkan nama yang selalu Anda inginkan di domain baru @ymail dan @rocketmail.
Cepat sebelum diambil orang lain!
[Non-text portions of this message have been removed]