cuman tambahan ke temen aja kalo seandainya kesiangan untuk main ke kawah Ijen. 
bawa aja kain dan air mineral. kalo seandainya asap menuju ke arah kamu dan 
lumayan tebal. basahkan kain (jangan diperas) dan tutup mulut dan hidung dengan 
kain basah tersebut dan tetaplah berjalan ke tempat yang tidak ada asapnya. 
karena meskipun siang hari asap mengepul keluar dari mulut sumber belerang, 
bukan berarti semua titik di kawah ijen akan tertutup asap. bukankah juga 
tergantung arah mata angin yang akan menghembuskan si asap?


Salam
LEAH





--- Pada Kam, 18/9/08, pendaki lemot <[EMAIL PROTECTED]> menulis:
Dari: pendaki lemot <[EMAIL PROTECTED]>
Topik: Balasan: [indobackpacker] Tanya Kawah Ijen dan dataran Tinggi Dieng
Kepada: "riyanto" <[EMAIL PROTECTED]>, [email protected]
Tanggal: Kamis, 18 September, 2008, 6:14 PM










    
            Informasi yang anda butuhkan informasi yang seperti apa ya? 

   

  Barangkali ini bisa membantu.

  Kedua tempat ini sama-sama indah. Keduanya merupakan obyek wisata pegunungan 
yang berada pada ketinggian di atas 2.000 m (Ijen 2.300an m). Dieng berada di 
daerah Wonosobo, sedangkan Kawah Ijen di deket Banyuwangi. Akses ke Dieng bisa 
dicapai melalui wonosobo, ngadirejo temanggung, dan batur, sedangkan akses ke 
Kawah Ijen bisa dicapai melalui sempol dan banyuwangi. 

   

  Menurut saya Dieng lebih mudah diakses karena angkutan umum maupun ojek 
tersedia sampai sore, sedangkan pintu masuk kawah ijen (Paltuding) sulit sekali 
aksesnya (kecuali anda menggunakan kendaraan pribadi). Angkutan yang ke 
Paltuding lebih mengandalkan ojek atau truk belerang. Sewaktu pulang dari Kawah 
Ijen 2 bulan yang lalu, untuk mendapatkan ojek pun kemarin saya kesulitan dan 
akhirnya harus menunggu truk belerang yang katanya sehari cuman 2 kali, pagi 
dan sore. 

   

  Penginapan di Dieng lebih banyak dibandingkan Paltuding (kawah Ijen), begitu 
juga dengan penduduknya. Di paltuding,hampir- hampir tidak ada penduduk yang 
tinggal di situ keculai penjaga warung dan patugas retribusi. Jadi kesannya 
benar-benar terpencil. Lain halnya dengan di Dieng, banyak rumah-rumah, 
losmen-losmen, dan penjual-penjual makanan. 

   

  Obyek yang bisa dikunjungi lebih banyak kalau kita ke Dieng daripada ke Kawah 
Ijen, tetapi tidak berarti bahwa Dieng lebih indah. Mereka sama-sama indah dan 
mempunyai ciri khas masing-masing. Dibandingkan Kawah Ijen, obyek wisata di 
dieng lebih banyak dan beragam. Lokasi obyek wisata di Dieng relatif dekat 
dengan parkir mobil, sedangkan di Kawah Ijen lokasinya jauh. Paling tidak kita 
harus mendaki 2-4 jam baru sampai kawah dan danau ijen. Untuk ukuran saya, 
medannya lumayan berat kalau ke kawah ijen. Dan satu lagi, view paling bagus 
kawah ijen adalah pagi hari saat matahari terbit, jadi disarankan kita 
berangkatnya dini hari (jam 03.00 atau 04.00). Kalau berangkatnya kesiangan, 
arah asap menuju ke jalur yang dilewati dan sangat mengganggu pernafasan, di 
samping itu kalau terlalu siang biasanya danau ijen tertutup kabut. 

   

  Mudah-mudahan bermanfaat. Selamat berlibur lebaran. 

    

  Pendaki Lemot



riyanto <[EMAIL PROTECTED] com> wrote:

          saya mau trip nich bis lebaran tapi belum tahu mau 

kemana,,,



rencana nya masih seputaran jawa,,,,



pengen sich ke kawah ijen ato dataran tinggi dieng



Bolehkah sayo mohon bantuan info tentang Ijen dan Dieng?



makasih seblumnya.



Salam....



Sincerelly Yours



Slamet Riyanto

Ym : ri_yantocool@ yahoo.com

FS : riyantocool99@ yahoo.co. uk

FB : [EMAIL PROTECTED] com

------------ --------- --------- --------- --------- --------- -



Flexi - Gratis bicara sepanjang waktu se-Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta



------------ --------- --------- --------- --------- --------- -



Speedy Gratis internetan unlimited dari pkl. 20.00 s/d 08.00 se-Jabodetabek, 
Banten, Karawang dan Purwakarta



------------ --------- --------- --------- --------- --------- -



Nikmati akses TelkomNet Instan Week End Net hanya Rp 1.000/jam. Berlaku untuk 
Sabtu-Minggu, khusus Jawa Tengah dan DIY s/d 31 Desember 2008



------------ --------- --------- --------- --------- --------- -



Speedy Paket Merdeka 2008, hanya Rp 99ribu sudah mendapatkan modem dan 
registrasi, diskon abonemen 50% 3 bulan pertama (tidak termasuk Speedy Warnet). 
Berlaku khusus Jawa Tengah dan DIY s/d 30 September 2008



------------ --------- --------- --------- --------- --------- -



Dapatkan Free Modem + Free Biaya Aktivasi Untuk Pemasangan Internet Speedy Di 
Kandatel Makassar S/D 30-08-208, Hub.147 atau modemgratis@ plasa.com



------------ --------- --------- --------- --------- --------- -



------------ --------- --------- ---

  Nama baru untuk Anda!  

Dapatkan nama yang selalu Anda inginkan di domain baru @ymail dan @rocketmail. 

Cepat sebelum diambil orang lain!



[Non-text portions of this message have been removed]




      

    
    
        
         
        
        








        


        
        


      
___________________________________________________________________________
Dapatkan nama yang Anda sukai!
Sekarang Anda dapat memiliki email di @ymail.com dan @rocketmail.com.
http://mail.promotions.yahoo.com/newdomains/id/

[Non-text portions of this message have been removed]

Kirim email ke