From: agu...@bukitmakmur.com <agu...@bukitmakmur.com>
Subject: Re: [indofirstaid.org]: Judul Artikel di Kompas.com Menyesatkan
To: indofirstaid@yahoogroups.com
Cc: 1001b...@yahoogroups.com, bat...@yahoogroups.com,
"(indobackpac...@yahoogroups.com)" <indobackpac...@yahoogroups.com>,
indofirstaid@yahoogroups.com, "itn-alumni" <itn-alu...@yahoogroups.com>, "ITN
Ngalam" <itn-mal...@yahoogroups.com>, "Alumni Jabotabek"
<itnmalang-jabodeta...@googlegroups.com>, jalanmel...@yahoogroups.com,
"nature_trek...@yahoogroups.com" <nature_trek...@yahoogroups.com>,
sabtumin...@yahoogroups.com
Date: Friday, 1 May, 2009, 1:25 PM

SEMANGAT PAGI DAN KABAR LUAR BIASA!
Menarik tetapi tetap tidak memecahkan kebingungan di kepala saya....

Saya dan sebagian besar rakyat republik ini sudah dipunguti berbagai pungutan
resmi yang bernama 'pajak' tetapi kok ya orang sakit harus masih membayar? Kok
mau transfusi darah masih harus membayar? Jadi kemana duit yang dipungut tiap
bulannya ini?
PMI apakah lembaga swasta? Sampai harus mengeluarkan duit sendiri untuk uang
bensin segala macam? Emang negara kita yang kaya raya yang punya dokter
kesehatan yang jagoan dan dibangga-banggakan oleh dokter dan tenaga kesehatan
respublik ini yang sampai membuat WHO dan negerinya mas Obama gonjang-ganjing
gara-gara 'plu manuk' ini gak sanggup ya mbayarin biaya operasional PMI? Opo
menkes gak sempat kali ya mikirin yang ginian? Yang dipikirin opo yen ngono?
Darahnya memang dari masyarakat, tetapi sopo sing nyedot darahnya? Rumah sakit
sendiri? Setahu saya rumah sakit gak ada deh servis ginian... Lha kalo saya
pergi ke tempat sedot darah, terus yang tukang nyedotnya itu ngambil darah
saya, terus diberikan ke orang, dan kemudian baru ketahuan bahwa saya ini punya
penyakit yang berkategori BBP, baru ribut ditarik terus yang salah saya atau
tukang sedot tadi?Namanya bayar untuk mendapatkan suatu barang, itu namanya
transaksi jual beli, hanya saja bahasanya diperhalus 'uang pengganti biaya
bensin', 'uang pengganti biaya kantung darah' etc itu sih 'jas buka ikete
blangkon' kata den bagus ngarso kepada sronto... Lha apa bedanya dengan saya
yang jual air keliling, saya kasih tahu ke orang-orang yang pake jasa air saya,
ini uang untuk pengganti kringet saya, pengganti biaya ban saya, pengganti
jerigen saya, pengganti ember saya, etc?
Kalau memang niat, ya sudah gratis dong! Mau kaya mau miskin, harusnya
gratis... tis... tis... tis... orang kaya juga mbayar pajak kok... wajar dong
ketika ia sakit sekali waktu gratis untuk transfusi darah, toh kalau
dihitung-hitung yang lebih sering sakit di RS kita ini orang miskin khan
daripada orang kaya? Kok ya masih tegel ngambil uang dari rakyat yang sudah
melarat, sakit lagi!
Cheers,

Agung SARONO
------------ ---------
Work Safe | Work Smart | Work Easy
Manage Your Workplace
Manage Your People
Control Your Risk
+62 852 85 85 85 80

cak phi <han...@gmail. com>
Sent by: indofirstaid@ yahoogroups. com
04/21/2009 07:22 PM

Please respond to
indofirstaid@ yahoogroups. com

itn-alumni <itn-alu...@yahoogro ups.com>, ITN Ngalam <itn-mal...@yahoogro
ups.com>, Alumni Jabotabek <itnmalang-jabodetab e...@googlegroups. com>

cc
"nature_trekker@ yahoogroups. com" <nature_trekker@ yahoogroups. com>,
jalanmelulu@ yahoogroups. com, sabtuminggu@ yahoogroups. com,
bat...@yahoogroups. com, 1001b...@yahoogroup s.com, indofirstaid@ yahoogroups.
com, "(indobackpacker@ yahoogroups. com)" <indobackpacker@ yahoogroups. com>

Subject
[indofirstaid. org]: Judul Artikel di Kompas.com Menyesatkan

silahkan di check di sini :

http://regional. kompas.com/ read/xml/ 2009/04/21/ 14185891/ Wah..Darah.
PMI.Mengandung. Virus.HIVAIDS

dari judul itu, secara sekilas menyebutkan bahwa PMI menyalurkan darah
ke masyarakat yang mengandung virus HIV/AIDS, padahal kalau kita baca
lebih detail, ternyata itu darah dari masyarakat, bukan yang di
keluarkan oleh PMI dan di berikan ke Rumah Sakit.

Darah yang baru disumbangkan oleh pendonor tidak secara langsung bisa
di transfusikan ke pasien, karena ada prosedur yang harus di lakukan
untuk melakukan pengechekan kondisi darah tersebut, terutama untuk
penyakit2 berbahaya, misalnya HIV/AIDS, Hepatitis B, dll. Dan untuk
melakukan ini, dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. setelah darah
selesai pun tidak langsung di berikan ke pasien, menskipun itu
mempunyai golongan darah yang sama, karena ada prosedur lagi untuk
dilakukan pencocokan karakter darah nya.

itulah makanya ada BIAYA PENGGANTIAN DARAH. Ingat...PMI TIDAK MENJUAL
DARAH. terjadi hal salah kaprah di masyarakat, bahwa PMI MENJUAL
DARAH. Biaya ini di bebankan untuk melakukan pengecheckan diatas,
serta biaya2 lain, seperti biaya kantor, tenaga orang nya, biaya
bensin, alat pengecheckan, jarum (sekali pakai), dll. Kantong sampai
saat ini masih imprt dari Jepun.

JAdi persepsi PMI MENJUAL DARAH ADALAH SALAH. semua biaya semata2
untuk mengganti biaya2 diatas.

silahkan mengecheck disini :
- http://www.opensubs criber.com/ message/dokter@ itb.ac.id/ 3544636.html
- http://utdd- pmijateng. blogspot. com/
- http://www.pmiutdsb y.org/darah. php
- http://rapi- nusantara. net/index2. php?option= com_content&do_pdf=1&id=117

seharusnya media sebesar KOMPAS bisa lebih bijaksana dalam membuat
sebuah berita. Netral, dan memberikan fakta yang sebenarnya. Bukan
membuat judul yang menyesatkan seperti ini.

Memang tuntutan komersil kadang lebih mengalahkan netralitas pers.

any comment..??

thanks
Mokhtar Hanafi
Alumni KSR PMI Unit ITN Malang