> kadang2, dia gak respon sama paket2 yang dateng ke dia ...
> nah kalo udah gitu, saya ctrl-c ---> program mati ...
>
> nah, ketika saya jalankan si abcd.pl lagi, dia gak bisa nge-bind
> port 1234 lagi, soalnya port tsb masih dianggap dipake oleh si abcd.pl
> lama yang udah di-ctrl-c itu ... gitu lho ...
>
> nah, biar si abcd.pl saya itu bisa jalan lagi, berarti si port 1234 itu
> harus di'bebasin' dulu kan? saya perlu informasi itu saja (dulu) .. hehehe
> ..

knp gak dijadiin aja input port-nya argumen tersendiri-> abcd.pl -port
supaya portnya gampang diganti2.  --he..he
biasanya port yg udah diassign (programnya udah diterminate) bakal ilang
sendiri tergantung waktu delay.

> saya lagi nyari2 bug program ini kok ... kenapa dia nggak respon paket,
> tapi untuk emergency-nya, ya skr saya hanya perlu cara nge-bebasin
> port 1234 itu saja dulu ... agak barbar memang, tapi jauh lebih baik
> daripada saya musti reboot linux-box saya kan?

.. lebih baik juga kalo pake C dengan setsockopt-nya dan SO_REUSEADDRnya.
(apa perl punya identik setsockopt ??)

regards,

-rurie-